Senin, 27 Mei 2013

Panda Pornas Korpri Sulut Terus Memantapkan Persiapan


Mokodongan yang turut didamping Sekretaris Panda Jemmy Ringkungan AP MSi mengatakan, hingga kini panda terus mematangkan persiapan terkait dengan iven nasional yang akan digelar didaerah Bumi Nyiur Melambai, karena dalam bulan ini saja, hampir tiap minggu pihaknya, terus kedatangan para tamu kontingen dengan maksud ingin mengecek sejauh mana kesiapan venue-venue yang akan menjadi tempat pertandingan nanti.  
Karena itu semua venue-venue sebagai tempat pelaksaaan pertandingan nanti terus kami benahi, termasuk dengan para atlit sulut terus kami pantau kesiapan latihan mereka. Kami percaya di akhir bulan Agustus 2013 nanti semuanya sudah bisa rampung seratus persen, ujar putra terbaik totabuan ini.     
Untuk itu Mokodongan atas nama Pemerintah Provinsi Sulut mengimbau, masyarakat khususnya warga Korpri di daerah ini untuk berpartisipasi aktif dan mengambil bagian dalam menyukseskan gelaran nasional empat tahunan dari para abdi negara ini.
Karena Kegiatan Pornas Korpri XIII di Provinsi Sulut  ini, merupakan momentum penting, momentum persaudaraan, momentum menjalin keharmonisan di antara sesama anggota Korpri se- Indonesia untuk menuju kembangkitan Korpri. Korpri Maju terus......Korpri terus maju,  pungkas Ringkuangan yang seharinya dikenal sebagai Pembina Komunitas Pers Liputan Pemprov Sulut. (Kabag humas Jackson Ruaw selaku jubir pemprov).     

Hari ini, Menkominfo Akan buka Pertemuan Asian Media Summit


Menteri Komunikasi dan Informatika RI Tifatul Sembiring, rencananya  akan membuka Pertemuan Asian Media Summit 2013 di GKIC, Rabu (29/5) hari ini. Pertemuan para brod cast ini akan dihadiri Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang Direktur RRI pusat Ibu Niken dan pejabat dari Asian Pasifik Institut for Broad Cast Developmen (AIBD), kata Kadis Perhubungan dan Kominfo Sulut Ir Parlindungan Tampubolon di Kantor Gubernur, Selasa (28/5) kemarin.
Tampubolon mengatakan, selama dua hari melakukan pertemuan, para peserta yang berasal dari 26 negara Asia, Eropa, Amerika Serikat, Afrika dan Australia ini akan membahas tentang berbagai hal menyangut penyiaran, seperti masalah contant, teknis dan isu-isu informasi yang sedang terjadi saat ini.
Para peserta nanti malam (kemarin) akan dijamu makan malam bersama  Gubernur, Forkopimda Sulut dan pejabat teras pemprov di kediaman bumi beringin manado. Mudah-mudahan pertemuan para broad cast ini nantinya akan berhasil melahirkan rekomendasi terkait dengan masalah penyiaran, tambah Tampubolon. (Kabag humas Jakson Ruaw selaku jubir pemprov).

Onibala Terima Pasis Dikreg Seskoal


Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Mecky M Onibala MSi, mewakili Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang menerima kunjungan 36 peserta Kuliah Kerja Forum Strategi II Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sesko TNI Angkatan Laut (Seskoal) di ruang huyula Kantor Gubernur, Selasa (28/5) kemarin.
Kunjungan Pasis Dikreg Seskoal di Sulut kali ini, dipimpin Komandan Seskoal Laksda TNI Mamahit yang diwakili oleh Perwira Penuntun (patun) Kol Laut  TNI Ganief Deswantoro, juga diikuti dua orang peserta dari luar negeri yaitu Amerika Serikat dan Pakisten serta seorang lagi dari TNI AU. Sementara Onibala sendiri turut didampingi Kaban Kesbang Pol. Gun Lapadengan SH, Kaban Perbatasan B Mononutu SH, Karo Pemerintah dan Humas DR. Noudy RP Tendean dan Karo Umum Drs. Rudy Roring.  
Selama lima hari berada di daerah ini peserta Pasis Seskoal akan mengadakan pertemuan dengan jajaran Korem 131 Satiago, Lantamal VIII, Polda, Lanudsri serta Pemprov Sulut, kemudian pertemuan dengan Pemkot Bitung serta perusahaan-perusahaan yang ada di kota cakalang.
Kesempatan itu Onibala, telah menyampaikan pemaparan tentang peran pemerintah daerah guna mengantisipasi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) dalam rangka mendukung penyelenggaran pemerintahan negara.
Provinsi sulut sebagai bagian integral dan NKRI memiliki letak wilayah yang strategis dalam pengembangan ekonomi. Karena secara geoposisi berada di bibir pasifik (pasifik rim) sebagai jalur perdagangan dunia dan pusat distribusi barang dan jasa, sehingga sangat prospektif bagi perdagangan regional, mapun internasioal, ujar mantan penjabat Bupati Minsel ini.
Dari aspek administrasi pemerintahan, provinsi sulut memiliki 15 daerah otonom yang terdiri dari 11 kabupaten dan 4 kota. Dengan luas wilayah sebesar 15.466,25 km dan jumlah penduduk kurang lebih 2.296.666 jiwa. Sulut juga memiliki 262 pulau, dimana 59 pulau berpenghuni dan 227 pulau belum berpenghuni, serta memiliki 11 pulau terdepan, dimana dua diantaranya pulau miangas dan marore berbatasan langsung dengan negara tetangga kita philipinaserta menempatkan sulut sebagai salah satu dari tujuh provinsi kepulauan, kata Ketua Pordasi Sulut.
Sementara peran pemrov dalam mengantisipasi AGHT Onibala menegaskan, pemprov telah mengambil langkah-langkah pemecahan masalah, antara lain telah menetapkan renstra pengelolaan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan 2011-2025, sebagai pedoman terhadap pengelolaan perbatasan jangka panjang dengan visi terwujudnya perbatasan negara di utara NKRI sebagaiwilayah yang aman, tertib dan maju dan mengembangkan sistercity dalam kerangka conektivity ekonomi antara pemerintah Indonesia dan Philipina.   . Acara diakhiri dengan tanya jawab dan pertukaran cendera mata. (Kabag humas Jackson Ruawa selaku jubir pemprov.   







Wagub: Pdt Sumerah Jadi Kebanggaan Masyarakat


Keteladanan dan kearifan  yang diberikan Pdt Frenk Jules Sumerah STh semasa hidup bisa kita rasakan bersama. Dimana sosok Pendeta  familiar ini telah memberi yang terbaik bagi keluarga dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat sulawesi utara, terutama  bagi warga GMIM. Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Sulut Dr.Djouhari Kansil MPd, saat mewakili Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang, ketika menyampaikan sambutan penghiburan pada Ibadah pelepasan terhadap Almarhum di GMIM Sentrum Manado, dimana Almarhum terakhir kali melayani sebagai Ketua BPMJ GMIM Sentrum Manado, Senin (27/5) kemarin.
 Almarhum Pdt Frank sapaan akrabnya,  semasa hidup di kenal sangat dekat dengan pemerintah provinsi Sulut, karena Almarhum merupakan sosok pekerja keras dan telah banyak berbuat serta  berkarya, sekaligus Almarhum telah menjadi saluran berkat bagi jemaat dan masyarakat, ujar Kansil.
Karena itu, bagi keluarga yang ditinggalkan, kiranya tetap tabah dalam menghadapi cobaan hidup ini, karena Tuhan berfirman manusia hidup harus berbuat dan berkarya, itulah yang telah di buktikan  oleh Pendeta yang bersuara emas ini semasa hidupnya. Tuhan yang memberi Tuhan pula yang mengambil terpujilah Nama Tuhan.
Diakhir sambutannya Kansil,  tak lupa menyampaikan ucapan duka  atas nama pemerintah dan masyarakat sulut menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Pendeta Fenk Jules Sumerah, STh. (Kabag humas Jackson Ruaw selaku jubir pemprov).   







   

Wagub Sidak Dispora


Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd, Senin (27/5) kemarin melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Sulutdi bilangan jalan Diponegoro manado.
Dalam sidak tersebut, Kebetulan Kadispora tidak berada ditempat karena sedang tugas luar daerah. Karena Kadis pora tidak berada ditempat,  Wagub memerintahkan agar pejabat eselon III di Instansi yang dipimpin oleh Drs Steven Evans Liow, untuk segera menghadiri pertemuan yang sementara berlangsung di ruang kerja Sekprov. Kalian disini begitu istimewa, nanti Wagub undang baru mau pergi rapat, padahal rapat tersebut sudah berlangsung sejak pagi hari.  Saya memberi waktu lima menit agar kalian sudah berada di ruang kerja Pak sekprov untuk mengikuti rapat,  tegasnya.
Saat sidak, banyak pegawai yang tidak berada di ruangan kerja, bahkan pejabat eselon III hanya Kabid Olah Raga Drs Oddy Mewengkang dan beberapa pejabat eselon IV yang berada di kantor. Maklum jam saat itu menunjukan pukul 1 siang, sehingga menjadi alasan, banyak pegawai yang sedang keluar ruangan  untuk makan siang. Namun tragis bagi seorang pegawai perempuan, Wagub dapati lagi asyik merokok di kantor. Kansil  langsung menegornya tidak baik seorang perempuan merokok didalam kantor, nanti kalau ada masyarakat yang lihat, saudara mau bilang apa.  "Coba lihat baju seragam kamu sudah banyak yang bocor, ini penyebabnya karena rokok yang kamu isap apinya kena di baju seragam", tegas Kansil. (Kabag humas Jackson Ruaw selaku jubir pemprov).