Selasa, 25 Juni 2013

Pemprov Gelar Evaluasi MDGs Triwulan 1 dan 2

Pemerintah Provinsi Sulut, Selasa (25/6) kemarin, di Swissbel Hotel  menggelar Evaluasi Millenium Development Goals (MDGs) untuk Triwulan 1 dan 2. Kegiatan yang diikuti SKPD Terkait dan Pemerintah Kabupaten/Kota itu telah dibuka Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd.
Namun Wagub menyayangkan, kegiatan penting ini hanya empat kab/ko yang sempat hadir mengirimkan utusan sedangkan yang lain tidak, kalau ada undangan dari jakarta samua baku rebe mo brangkat, terang Kansil, sembari menyebutkan  empat kab/ko yang hadir yaitu Bitung, Sitaro, Mitra dan Bolsel. Begitu pula dengan SKPD Provinsi yang hadir langsung hanya Kadis Kesehatan dr Maxi Rondonuwu DHSM dan Kadis Diknas Drs. Star Wowor MSi yang lain hanya mengirimkan Sekretaris dan pejabat Eselon III dan IV.
Bagi kab/ko yang belum hadir Kansil langsung menghubung Wakil Bupati dan Wakil Walikota untuk menyampaikan ketidakhadiran pejabat mereka dalam kegiatan tersebut. “Para Wakil kepala Daerah mempunyai forum untuk saling menginformasikan apabila ada pertemuan contohnya seperti ini, ada pejabat tidak hadir di acara yang digelar provinsi, maka saya harus memberitahukannya, sehingga mereka boleh tahu dan memerintahkan pejabatnya untuk menghadirinya”, kata kansil.
Disadarinya bahwa dalam upaya pencapaian tujuan MDGs, pemerintah daerah juga memiliki keterbatasan-keterbatasan dalam mengakomodir semua tuntutan hak dasar masyarakat, seperti pangan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perumahan, tanah SDA, air bersih, sanitasi serta rasa aman. Karena itu, untuk memastikan kemampuan dan kesiapan kita dalam mencapai tujuan millenium, maka salah satu langkah yang dilakukan pemprov sulut adalah menyusun action plan atau rencana aksi daerah percepatan pencapaian MDGs, ujarnya
Memang diakui ada permasalahan dan tantangan yang cukup sulit dalam mencapai target yang sudah kita tetapkan, seperti dalam menekan angka kematian bayi di daerah kepulauan dan perbatasan, karena masih memiliki keterbatasan tenaga medis, sembari berharap Tim percepatan pencapaian target MDGs Prov. Sulut yang telah dibentuk melalui SK Gubernur dapat menyimak  laporan dan paparan dari para ketua pokja, sehingga dapat dirumuskan mengenai inisiatif yang perlu dilakukan, tambah orang nomor dua di sulut. turut hadir Perencana Utama Bappenas Idewa Gede Sugihamerta. (Kabag humas Jackson Ruaw selaku jubir pemprov).


   


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar