Selasa, 16 Juli 2013

Wagub: Kepala SKPD Jangan Malas Melakukan Kontrol



Setiap Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Sulut, wajib melakukan kontrol Secara langsung dan mendalam pada setiap pelaksanaan kegiatan program kerja di SKPD-nya masing-masing.
Penegasan tersebut disampaikan  langsung oleh Wakil Gubernur Sulut DR Djouhari Kansil, kepada seluruh kepala SKPD dalam rapat pimpinan Evaluasi Pengawasan Penyerapan Angaran (EPPA), yang dilaksanakan Selasa (16/7), di ruang rapat Wagub.
“Saya minta seluruh kepala SKPD wajib mengetahui kegiatan apa yang dilaksanakan di satuan kerjanya apakah jalan atau tidak, ,” tegas Kansil.
Langkah tersebut diyakini Kansil bisa membantu setiap kepala SKPD agar bisa mengontrol jalanya penyerapan anggaran apakah sesuai yang direncanakan atau sudah mengalami penyimpangan.
“Kalau ada kontrol secara langsung, pasti kita mengetahui sejauh mana pelaksanaan kegiatan, jangan kepala SKPD acuh tak acuh, nanti setelah ada pemeriksaan baru sadar ternyata ada kekuarangan ataupun kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut,” kata Wagub.
Untuk itu perlu adanya koordinasi yang baik antara bawahan dan atasan, serta jangan ragu berkoordinasi dengan pihak pengawas dalam hal ini inspektorat ketika mungkin ada terjadi kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan.
Dalam rapat itu, Wagub juga menyinggung masalah pengadaan barang di setiap SKPD, dimana setiap pengadaan harus didahului dengan kelengkapan administrasi, lalu barang dapat di keluarkan, jangan sampai terbalik.
Wagub kembali mengingatkan kepada setiap kepala SKPD agar mengerti tentang program EPPA, supaya nantinya dalam rapat pipmpinan setiap bulan, kepala SKPD mengerti bagaimana menjelaskan bagaimana penyerapan anggaran yang dilakukan instansi yang dipimpinnya.
“Ini merupakan kewajiban kepala SKPD, kalau tidak mengerti EPPA susah nanti menjelaskan realisasi anggaran, karena dalam program EPPA ini kita dapat mengetahui realisasi penyerapan anggaran secara jelas,” kata Wagub.(Jubir Pemprov Judhistira Siwu, SE,Msi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar