Kamis, 13 Maret 2014

Wagub: Pengelolaan Das Harus Terpadu

Peristiwa banjir bandang dan tanah longsor yang melanda Provinsi Sulut pada pertengahan Januari 2014 lalu, menimbulkan keprihatian dari banyak pihak, salah satunya dari Balai Pengelolaan DAS Tondano.  Sehubungan dengan hal tersebut dan sesuai dengan arahan Gubernur Sulut, maka Ditjen BPDAS PS Kementerian Kehutanan RI bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sulut, Kamis (13/3) kemarin, di ruang Huyula Kantor Gubernur  menggelar pertemuan koordinasi pengelolaan Daerah Aliran Saungai (DAS) terpadu sebagai solusi penanganan banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Sulut Tahun 2014.
Kegiatan yang diikuti sekitar 157 unsur/institusi atau lembaga yang terkait dengan pengelolaan DAS terpadu yaitu Kepala Dinas kehutanan dan Ketua Bappeda Provinsi dan Kabupaten/Kota telah dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd. Serta menghadirkan keinotspeaker pakar dibidang pertanian dan kehutanan sepeti Dirjen  Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanian Dr. Eko Widodo serta Direktur Perencanaan dan Evaluasi Pengelolaan DAS Kementerian Kehutanan Dr. Eka Widodo Sigiri MM
Kegiatan ini, merupakan bukti serta wujud kepeduian yang mendalam dari kita terhadap bahaya bencana banjir dan tanah longsor yang telah menjadi momok menakutkan bagi warga sulut. karena itu saya menyambut gembira  penyelenggraan kegiatan ini, karena akan  menjadi momen penting dan strategis dalam upaya  mencegah terjadinya bencana yang sangat merugikan warga, ujar Wagub sembari berharap, kegiatan ini akan menjadi daya dorong  bagi pemerintah daerah kabupaten/kota maupun provinsi untuk terus membina kelestarian dan keserasian kesatuan ekosistem DAS dari hulu dan hilir sehingga benar-benar pengelolaannya bisa berjalan secara terpadu, tandas Kansil.
Sebelumnya Direktur Perencanaan dan Evaluasi Pengelolaan DAS Eka Widodo Sugiri telah menyerahkan peta hutan kritis untuk Boltim, peta rawan bencana banjir untuk Minut dan peta hutan kemasyarakatan untuk Mitra kepada Wagub Djouhari Kansil dan selanjutnya Wagub menyerahkan pula kepada Kadis Kehutanan Minut Ir. Joppy Lengkong, Kadis Kehutanan Boltim dan Kadis Kehutanan Mitra.  Kadis Kehutanan Provinsi Sulut Ir. Herry Rotinsulu MSi menambahkan, kegiatan tersebut akan berlanjut hingga hari ini, di Balai Pengelolaan DAS Tondano. (Kabag humas Judisthira Siwu selaku jubir pemprov).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar