Kamis, 31 Juli 2014

Gubernur Sulut Hibahkan Sebidang Tanah kepada Biara Karmel di Tomohon

Gubernur Sulawesi Utara DR Sinyo Harry Sarundajang memberikan kejutan kepada umat Katholik ketika diundang untuk menghadiri Perayaan Tahbisan Pastor Ventje Sompotan ODC di Biara Karmel St Theresia Kelurahan Kakaskasen Tomohon. Betapa tidak di hadapan umat ketika diberikan kesempatan untuk sambutan Sarundajang  mengumumkan bahwa ia telah menyetujui untuk menghibahkan sebidang lahan milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sekitar 1500an m2 luasnya yang berbatasan langsung dengan kompleks Biara tersebut. Sarundajang menjelaskan bahwa sebenarnya proses hibah tersebut setelah melalui kajian oleh Pemerintah Provinsi tentang sejarah pembelian lahan dan peruntukkannya, setelah dikaji ternyata tidaklah tepat jika lahan tersebut akan dibuatkan bangunan karena akan mengganggu kekhusukan ibadah dan doa dalam biara, oleh karena itu ketika ada permohonan dari Pengurus Biara kepada Pemerintah Provinsi untuk menghibahkan lahan tersebut walaupun hanya melalui permohonan lisan, maka Gubernur langsung meresponnya dan memutuskan untuk menghibahkan lahan tersebut dan diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan biara Karmel kedepan.
“Sumbangan ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menjadi berkat bagi seluruh umat,” tandas Sarundajang.
Sementara Pater Felix Elavunkal, OCD, pimpinan Biara Karnel, mengatakan pihaknya berterimakasih atas hibah tanah Pemprov Sulut itu, yang memang telah menjadi kerinduan  sejak dulu.
“Terimakasih atas bantuan ini. Mudahan-mudahan hibah lahan ini, biara Karmel akan semakin maju,” ucapnya.
Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sulawesi Utara di dampingi oleh Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edwin Silangen, SE, MS, Asisten Ekonomi Pembangunan Drs Sanny Parengkuan,MAP,  Kepala Bappeda Ir. Roy Rorong, MSi, Kepala BLH Christian Talumepa, SH, MSi, Kadispora B. Mononutu, SH, Staf Ahli Gubernur Drs Adri Manengkey, MSi, dan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Lynda Watania, MM, MSi. (DR. Jemmy S Kumendong, MSi, Kabag Humas selaku Jubir Pemprov).


Uskup Manado Mgr J. Suwatan memberikan sambutan
Gubernur Sulut memberikan sambutan
Penyerahan Surat Hibah Tanah oleh Gubernur kepada Mgr Suwatan

Foto bersama dengan biarawati Karmel St Theresia Tomohon


Penyerahan Surat Hibah Tanah kepada Biarawati Karmel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar