Minggu, 27 Juli 2014

Kansil: Tanah Merupakan Pemberian Tuhan





Penatua Dr. Djouhari Kansil MPd mengatakan, program Sinode GMIM saat ini sementara memotivasi seluruh warga GMIM untuk memanfaatkan setiap tanah (lahan) tidur yang ada agar dapat dimanfaatkan oleh warga jemaat untuk menanam berbagai jenis tanaman demi untuk kesejahteraan keluarga. Hal itu disampaikan Kansil saat mimpin Ibadah HUT ke- 86 jemaat Ebenhaezer Kumersot Wilayah Bitung V dan Perayaan Pengucapan Syukur Tahun 2014, yang digelar jemaat dan masyarakat setempat, Minggu (27/7).
Firman Tuhan yang diambil dari Kitab Perjanjian Lama Imamat 25:23-28 dan Injil Lukas 19:1-10, Kansil yang sehari-harinya dikenal sebagai Wakil Gubernur Sulut, menyebutkan, Alkitab mengatakan, bagaimana umat Israel memanfaatkan tanah yang merupakan milik Tuhan untuk digunakan dengan baik, sehingga bisa mendatangkan kesejahteraan serta terhindar dari masalah sengketa dan pertikaian, sebab menurut Ketua PKB Jemaat Pniel Tuna, saat ini berbicara masalah tanah diakuinya sangat ruwet, karena  sering membawah kehancuran dan pertikaian diantara sesama keluarga, jemaat maupun masyarakat. Karena itu selama Tuhan masih berkehendak untuk mengelola dengan baik tanah yang diberikan kepada jemaat hendaknya dapat dimanfaatkan dengan sabik-baiknya, sebab apabila datangnya Tahun Yobel (Tahun Penebusan) maka tanah yang kita miliki itu akan diambil kembali oleh Tuhan, sedangkan jemaat akan menjadi orang asing dan pendatang bagi-Ku, jelas Firman Tuhan.
Karena itu Ketua PKB Wilayah Manado Wawonasa Kombos (Mawakom) mengajak, jemaat GMIM Ebenhaezer Kumersot, melalui memontum Hari Ulang Tahun yang ke-86 ini untuk boleh mengambil keteladanan dari Zakeus seorang kepala pemunggut cukai dan ia seorang yang kaya, dengan penuh sukacita iman maun membagikan setengah kekayaannya kepada orang miskin serta akan mengembalikan empat kali lipat sekiranya ada yang diperasnya dari orang lain, tandas Ketua PKB Sinode Am.
Ketua Panitia Junefri Makisurat mengatakan, dalam menghadapu HUT ke-86 Jemaat telah dilaksanakan pertandingan bola voly, bintang vocalia dan paduan suara antar kolom. Turut hadir Wakil Ketua TP.PKK Ny. Mieke Kansil Tatengkeng, Kaban Perpustakaan Maxi Gagola SH MH, Sekwan Jhon Palandung, Karo SDA Ir. Ernie Tumundo, Ketua Wilayah Bitung V Pdt Ny. Frida maindoka MTh, Ketua Jemaat Pdt. TE Kalengkongan STh, Kadis Perhubungan Bitung Octav Kandoli, serta Camat Ranowulu. (Kabag humas DR. Jemmy Kumendong MSi selaku jubir pemprov).          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar