Jumat, 03 April 2015

SHS: Penyakit Ginjal Identik Dengan Pejabat






Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang menyatakan, penyakit ginjal identik dengan pejabat. Pernyataan SHS tersebut disampaikan saat membuka simposium awam dalam rangka memperingati hari ginjal sedunia (World Kidney Day) 2015, di Graha Bumi Beringin Manado, Kamis (2/4) lalu.
Kegiatan yang di gelar perhimpunan Pernefri cabang Sulut itu, mengambil tema “Save Our Kidney,”. Tampil sebagai pembicara diantaranya Prof DR Dr Emma Moeis Tenda SpPD-KGH yang juga selaku Ketua Pernefri Cabang Sulut, serta turut dihadiri Wagub Dr Djouhari Kansil MPd besama isteri Ny Mieke Kansil, Tatengkeng serta Kadis Dinkes Sulut dr Grace L Punuh MKes.
Dan bagi pejabat di Provinsi Sulut SHS mengimbau, untuk rajin melakukan “Cek Up” ke-dokter. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, jelas Gubernur Sulut ini.
“Karena penyakit ginjal yang berasal dari penyakit darah tinggi (hipertensi), jika tidak di obati dengan baik akan bermuara pada gagal ginjal. Jika ada pejabat yang sampai terkena penyakit tersebut maka tamatlah riwayatnya, “ ujar SHS, sembari menyebutkan, penyakit lain yang identik dengan pejabat yaitu penyakit jantung dan strok.
Gubernur mengakui hadirnya banyak penyakit dewasa ini akibat, dari kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi (Iptek). Kemajuan ini bisa membahayakan manusia.
Namun demikian apabila kita mampu merobah cara hidup (Life Style) kita dari yang tidak bersahabat menjadi bersahabat, di pastikan masyarakat dan pejabat, bisa terhindar dari berbagai ancaman penyakit-penyakit tersebut, tandas SHS. Turut hadir pejabat Eselon II Pemprov, TP.PKK Sulut, serta Kaum Lansia Sulut. (Kabag humas Drs Jahja Rondonuwu MSi selaku jubir pemprov).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar