Kamis, 30 Juni 2016

Gubernur Budayakan Peci Imam Bonjol




Gubernur Sulut Olly Domdokambey SE saat melakukan Safari Ramadhan sekaligus buka puasa bersama selama dua hari di Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolaang Momgondouw, Rabu dan Kamis (28-29/06) menggunakan peci Imam Bonjol, salah satu Pahlawan Perintis Kemerdekaan RI asal Padang Sumatera Barat yang diasingkan oleh kaum  kolonial Belanda kala itu di Tanah Toar Lumuut.
Sekarang, makamnya menjadi salah satu situs objek wisata religi yang terletak di Desa Lota Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa.
Gubernur menegaskan penggunaan peci Imam Bonjol dalam rangka membudayakan salah satu peci unik ini kepada masyarakat.
"Karena peci Imam Bonjol ini berbeda dengan peci yang kita pakai, ini harus dibudayakan, semua warga Muslim di Sulawesi Utara sebaiknya menggunakan Kopia Imam Bonjol," himbau Gubernur. Selain itu, penggunaan Peci ini dalam rangka menunjang program unggulan Sulawesi Utara untuk menggelorakan sektor pariwisata.
"Beliau (Imam Bonjol) merupakan salah satu tokoh yang menyebarkam Sy'ariah agama Islam di tanah Toar Lumimuut. Dengan penggunaan Peci ini dapat menunjang program pariwisata kita di daerah ini," ujarnya.
Menurut Dondokambey, Imam Bonjol dikenal selain sebagai Tokoh Perintis kemerdekaan RI tapi juga sebagai ulama besar yang pernah menyerbarkan Sy' ariah agama Islam di daerah ini.
"Mari kita budayakan Kopia Imam Bonjol ini," ajak Gubernur. (Humas Pemprov Sulut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar