Kamis, 12 Desember 2013

Wagub: Penyandang Disabilitas Miliki Ragam Kelebihan

Dinas Sosial Provinsi Sulut, dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2013 tingkat Provinsi Sulut, Kamis (12/12) kemarin, menggelar Kampanye sosialisasi dalam pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas tahun 2013. Kegiatan yang berlangsung di Panti sosial bina netra tumoutou, kalurahan Paal 4 Manado dibuka oleh Wagub Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd, diikuti seluruh panti asuhan di daerah ini.
Wagub mengatakan, penyandang disabilitas tidak akan ada perbedaan dengan orang yang bukan disabilitas, walaupun ada kekurangan akan tetapi mereka itu memiliki ragam kelebihan dan hidup mandiri. Buktinya sampai saat ini banyak yang telah menyandang gelar kesarjanaan serta ketika menjadi utusan dalam berbagai iven nasional selalu mengukir prestasi gemilang.
Karena itu banyak aspek yang harus kita kembangkan kepada mereka aitu pendidikan yang menjadi hak dari semua orang, pelayanan kesehatan dan lain sebagainya, ujar  mantan Kadis Diknas Provinsi Sulut.
Kansil juga mengakui di sulut para penyandang disabilitas dalam menempuh pendidikan masih digabung, padahal bisa lebih efektif apabila mereka itu disediakan kelas khusus sehingga proses belajar mengajar akan berjalan selbih maksimal, sembari menyebutkan, di sulut mereka tidak termarjinalkan karena selalu diberi kesempatan untuk menyalurkan kreatifitas mereka melalui panti asuhan masing-masing.
Karena itu Kansil memberi harapak kiranya kampanye sosial ini akan memperkokoh rasa persaudaraan, kebersamaan dan rasa kepedulian dari seluruh stakeholders yang ada di darah ini, karena mereka adalah bagian dari komunitas masyarakat, tandas orang nomor dua di sulut ini. Kesempatan itu Wagub telah menyerahkan satu buah kursi roda kepada seorang anak penyandang cacat.
Kadis Sosial AG Kawatu, SE MSi, menyebutkan,  dalam kampenye sosial kali ini ada banyak hal yang bisa diperoleh peserta antara lain menambah pengetahuan tentang hak-hak penyandang cacat sehingga anak-anak akan mendapat semangat yang kuat dalam menghadapi kehidupan sehari-hari. Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Edwin Silangen SE MS (Kabag humas Judisthira Siwu selaku jubir pemprov).


        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar