Selasa, 29 April 2014

Makodongan Tokoh Agama Berperan Dalam Pelaksanaan Dukcapil

Peran para tokoh agama dalam penyelenggaraan kebijakan bidang kependudukan dan catatan sipil (dukcapil) sangat membantu keberhasil tugas pemerintah, hal itu disampaikan Sekprov Sulut Ir. Siswa R Mokodongan saat membuka acara temu teknis penyelenggaraan kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten/kota yang digelar Biro Pemerintahan dan Humas di Swiss-belhotel maleosan Manado, Selasa (29/4) kemarin.
Tugas dukcapil tidak hanya melakukan pencatatan masalah kelahiran, kematian, serta pencatatan perkawinan, akan tetapi lebih dari pada itu mampu mencermati setiap gejala yang terjadi di tengah-tengah rumah tangga, seperti KDRT atau  masalah  perceraian yang dianggap masih tinggi di daerah ini, karena itu peran dari tokoh-tokoh agama sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut, jelas Mokodongan sembari menyebutkan, mengingat pentingnya pertemuan ini apalagi melibatkan TP.PKK Provinsi Sulut, diharapkan pertemuan ini mampu merumuskan biaya nikah dan biaya cerai agar bisa sama di daerah ini, sehingga sulut benar-benar menjadi terdepan sekaligus contoh bagi daerah lain untuk masalah tersebut, kalau biaya nikah di kasih murah tetapi untuk biaya cerai dikasih mahal agar orang tidak gampang bercerai, tandas putra terbaik bumi totabuan.
Kasubag Dekon dan TP Boslar Sanger SE melaporkan, kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari, tujuannya untuk meningkatkan kesadarandan tangungjawab aparat pemerintah provinsi dalam membina aparat kabupaten/kota dan aparat kabupaten/kota kepada aparat kecamatan, kelurahan/desa dan masyarakat dalam bidang dukcapil. Sementara sasarannya untuk meningkatkan rasa tanggungjawab dan kemampuan teknis apart pemerintah provinsi dan kab/ko dalam bidang sistem adminduk.

Sementara itu Kabag Pemerintahan Biro Pemerintahan dan Humas Prov Sulut Drs Lucky Taju MSi, menyampaikan bahwa peserta yang diundang dalam kegiatan adalah para Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota, TP.PKK, Kabid Pencatatan Sipil kab/ko serta Instansi vertikal di Provinsi Sulut, sedangkan nara sumber berasal dari Dirjen Adminduk Kementerian Dalam Negeri (Kasi Monev Dirjen Dukcapil Ibu Zulvimar, SH), Ketua TP.PKK Sulut Ibu Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edwin Silangen SE MS dan Karo Pemerintahan dan Humas DR. Noudy RP Tendean, SIP MSi. Turut hadir Wakil Ketua TP.PKK Sulut Dra. Ny. Sherly Mewengkang Nayoan, Kabag Pemerintahan Drs. Lucky Taju MSi, Kasubag Dukcapil Nita S Tarumingkeng SSTP, MPA. (Kabag Humas DR. Jemmy Kumendong MSi selaku Jubir Pemprov).   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar