Kamis, 08 Mei 2014

Wagub: Program BASICS di Sulut Dinilai Berhasil

Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd mengakui Kehadiran proyek BASICS di Provinsi Sulut sejak Tahun 2010 hingga saat ini, telah memberikan kontribusi yang signifikan pada upaya pencapaian MDGs kesehatan dan pendidikan melalui penerapan standar pelayanan minimum (SPM). Pengakuan itu disampaikan Wagub Djouhari Kansil saat membuka Lokakarya diseminasi praktek cerdas proyek BASICS, yang berlangsung di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Kamis (8/5) kemarin.
Pemprov Sulut melihat Selama hampir 5 tahun berjalan proyek BASICS-CIDA didaerah ini telah banyak kemajuan yang dicapai. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemprov maupun pemerintah kabupaten/kota sebagai mitra kerja dari proyek ini, jelas Kansil sembari menyebutkan saya lama berkecimpung dalam proyek tersebut, sewaktu masih menjabat Kadis Diknas waktu lalu, katanya.
Karena itu Kansil menyebutkan, bidang kesehatan melalui proyek pendampingan telah menghasilkan beberapa praktek inovasi seperti   instrumen perhitungan satuan harga (unit cost) pelayanan kesehatan yang membantu dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran yang tepat sasaran begitu pula bidang pendidikan yaitu mengatasi jumlah anak putus sekolah melalui gerakan sumikolah di Minut, mengatasi kekurangan guru di daerah pelosok dan kepulauan di Sangihe melalui program sangihe mengajar, mengatasi tingginya jumlah kematian ibu dan bayi di minahasa melalui penerapan desa siaga aktif mapalus sehat, memprekuat komitmen pemerintah kab/ko dalam percepatan pencapaian MDGs serta meningkatnya kualitas pelayanan publik kesehatan dan pendidikan melalui penyusunan Perda inisiatif DPRD Minut, Sitaro dan Minahasa. Disamping itu Pemprov juga memberikan program bea siswa bagi calon dokter untuk daerah perbatasan dan kepulauan serta bea siswa bagi guru-guruyang menyelesaikan program strata 1 hingga strata 3 disamping menyediakan dana bosda bagi rakyat miskin, jelas Kansil,
 Kepala Bappeda Ir Roy Roring MSi menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pembelajaran prakteik cerdas yang dihasilkan pemda atas dukungan proyek BASICS dan proyek lain yang terkait khususnya bidang kesehatan dan pendidikandasar, serta mendorong penyebarluasan dan pelembaggan praktik cerdas dalam skala lebih luas. Turut hadir Direktur UPD I Ditjen Otda Kemendagri DR.Kurniasi SH MSi, Direktur Proyek BASICS William James Duggan serta perwakilan Kedubes kanada Jeffry Ong. turut hadir Kadis Kesehatan Provinsi dr Grace L Punuh MKes. (Kabag humas DR. Jemmy Kumendong MSi selaku jubir pemprov).

  

    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar