Selasa, 09 September 2014

Timnas EPPD Lakukan Evaluasi LPPD Sulut



Tim Nasional (Timnas) Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) Ditjen Otda Kemendagri dan BPKP Pusat melakukan Evaluasi dan Validasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Provinsi Sulut. Kegiatan yang di buka Asisten Pemerintahan dan Kesra Edwin Silangen SE MSi di Aula Huyula Kantor Gubernur, Selasa (9/9) kemarin, diikuti seluruh SKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota.
Silangen mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pelaksanaan amanat UU No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Pasal 20 Ayat (3) yang antara lain menyebutkan Tentang pemberian kewenangan kepada pemerintah daerah untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan  menurut asas otonomi dan tugas pembantuan, serta pada Pasal 27 Ayat (2) dan (3) yang juga menegaskan bahwa Kepala daerah wajib melaporkan penyelenggaraan pemerintahan daerah.
Aturan ini dijabatkan lebih lengkap dalam PP No. 3 tahun 2007 Tentang LPPD kepada pemerintah, LKPJ kepada DPRD dan ILPPD kepada masyarakat sesuai Pasal 9 Ayat 4, sehingga jelas bahwa telah menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk menyusun LPPD dalam setiap tahun anggaran berjalan, sebagai salah satu instrumen penting untuk mengetahui sejauhmana perkembangan penyelenggaraan pemerintahan daerah, jelas Silangen sembari menambahkan, dalam rangka mengoptimalkan implementasi peraturan tersebut, telah ditetapkan PP No. 6 Tahun 2008 Tentang pedoman evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah. Berlandaskan aturan ini, maka Timnas EPPD yang dibentuk oleh Presiden, melaksanakan penilaian terhadap LPPD dari Provinsi maupun Kabupaten/Kota, berdasarkan parameter dan sistem penilaian sesuai ketentuan yang berlaku, tandas mantan Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sulut. Kegiatan tersebut menurut Kabag Otda dan Hubal Jemmy Ranty S.Sos akan berlangsung hingga Jumat mendatang. Turut hadir Ketua Timnas Evaluasi LPPD Ditjen Otda Kemendagri Puling R Kornelius, Catur Hartanto mewakili BPKP Pusat, Karo Pemerintahan dan Humas Dra Linda Watania MM MSi serta  Kasubag Otda Caludio Tamara SSTP MSi. (Kabag humas DR. Jemmy Kumendong selaku jubir pemprov).          

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar