Jumat, 21 November 2014

Wagub Pimpin Bersih-Bersih Pantai Manado








Guna menjaga pelestarian lingkungan pantai di daerah Sulut, maka Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd, Jumat (21/11) kemarin, memimpin langsung  bersih-bersih pantai sepanjang teluk Manado. Kegiatan yang diikiut seluruh PNS dilingkungan Pemprov Sulut, Pemkot Manado serta dari unsur TNI/ Polri di daerah ini berlangsung lancar. Dimana kegiatan kegiatan tersebut dibagi dalam dua bagian yakni dari pelabuhan marina plasa hingga pantai bahu serta dari pelabuhan marina plasa hingga pantai tuminting.  Sementara Wagub bersama para pejabat Eselon II dengan menggunakan sejumlah perahu karet mengangkat sampah di tengah laut.
Wagub mengingatkan masyarakat Sulut untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah pada daerah aliran sungai, karena sampah yang dibuang itu akan mengotori laut dan pesisir pantai yang ada di teluk Manado, sekaligus untuk melestarikan taman nasional bunaken yang merupakan salah satu objek wisata yang menjadi icon Sulut. Ketika pantai bersih pemandangan akan terlihat baik, maka para turis yang berkunjung di bunaken dipastikan akan berlama-lama tinggal disana, ujar Kansil sembari menambahkan kegiatan ini kiranya perlu terus  dibudayakan sehingga bisa menimbulkan kesadaran pribadi, masyarakat dan semua pihak.
 
Selain itu Wagub juga mengimbau para pemilik restoran yang ada disepanjang pantai manado, untuk peduli dengan tidak membuang sampah di tepi pantai, kalau perlu ada papan pengumuman kepada para tamu restoran dilarang membuang sampah serta menyiapkan tempat sampah yang lebih representatif. Karena dari pemantauan di kawasan pelabunan blue banter terdapat banyak jenis sampah hasil buangan dari salah satu restoran di tempat itu, vmulai dari botol mineral, plastik, karung serta ikan yang sudah mati.

Asisten Ekonomi Pembangunan Drs Sanny Parengkuan MAP, selaku Ketua Panitia Ulang Tahun Emas Sulut, menyebutkan, kegiatan bersih-bersih pantai manado merupakan rangkain kegiatan dari Ulang tahun Emas Sulut. Salah satu tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melestarikan lingkungan pantai manado sekaligus melestarikan objek wisata laut bunaken, kunci mantan Kadis Perindag. (Kabag humas Drs Jahja Rondonuwu MSi selaku jubir pemprov).    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar