Jumat, 27 Februari 2015

Disbudapar Gelar Festival Musik Kolintang dan Maengket



Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sulut menggelar festival musik kolintang dan maengket tingkat Sekolah Dasar (SD) se- Provinsi Sulawesi Utara.
Kegiatan yang digelar di Taman Budaya Manado, Jumat (27/2) kemarin, diikuti ratusan siswa SD se- Sulut.
Kadis Budpar Ir Happy TR Korah MSi mengatakan, salah satu tujuan dari kegiatan ini dalam rangka membentuk karakter anak bangsa sejak usia dini. Siswa SD diikutsertakan dalam festival ini, selain untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap musik dan tarian daerah,  tetapi juga untuk melestarikan sekaligus memelihara budaya daerah, yang merupakan khasana budaya nasional, jelas Korah.
Karena lewat musik dan kesenian daerah, kita bisa melihat secara langsung kreatifitas para siswa memainkan musik dan gerak tari yang indah dan harmoni. "Mudah-mudahan melalui kegiatan ini akan semakin menunbuhkembangkan kecintaan anak-anak terhadap musik dan budaya tradisional, " tambah Korah.
Prof. Pery Rumengan sebagai salah satu pemerhati seni budaya daerah, memberikan apresiasi terhadap instansi Disbudpar. yang telah menggelar festival musik kolintang dan maengket. "Saran saya kiranya Disbudpar dapat menggelar festival ini secara berkala. Mengingat pelestarian seni budaya seperti ini, perlu terus di kembangkan terhadap generasi muda kita, sekaligus menangkal masuknya budaya global yang bisa merusak mental dari karakter anak bangsa,". tandas konsultan Disbudpar ini. (Kabag humas Drs Jahja Rondonuwu MSi selaku jubir pemprov).      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar