Kamis, 19 Maret 2015

Seminar Pahlawan Santiago di Gelar Hari Ini



Dalam rangka menggali semangat dan spirit perjuangan Bataha Santiago, serta mempererat dan memperkokoh ikatan tali persaudaraan warga nusa utara, maka Forum Komunikasi Nusa Utara (FK-Nustar) bekerjasama dengan Korem 131 Santiago, Dewan Paripurna Pusat Korps Pembangunan Merah Putih 14 Pebruari 46, Bamukisst, Ikist, Mukat dan Iksad, Jumat (20/3) hari ini, akan menggelar Seminar Gelar Kepahlawanan Bataha Santiago.
Hal itu dibernarkan, Wagub Sulut Dr Djouhari Kansil MPd yang juga selaku Badan Pimpinan Pusat Forum Komunikasi (BPPFK), yang turut didampingi Ketua Panitia Pelaksana Fentje Janis SH SIP dan Sekretaris Dra Marlina Katihokang MPd di kediaman Wagub Bumi Beringin Manado, Kamis (19/3) kemarin.
Bung Karno pernah mengatakan, “Bangsa  yang besar adalah bangsa  yang menghormati jasa para Pehlawan,” jelas Kansil.
Kansil menyebutkan, menyadari bersama bahwa kemerdekaan yang sementara kita nikmati saat ini, merupakan buah perjuangan dan pengorbanan dari para pahlawan bangsa dengan cucuran keringat, air mata bahkan darah yang telah rela berkorban jiwa raganya demi harga diri bangsa untuk merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.
Olehnya  melalui momentum ini  kita diajak untuk menggali semangat dan spirit perjuangan dari sosok seorang pahlawan berdarah nusa utara Bataha Santiago.
“Sifat heroik Bataha Santiago dalam melawan VOC dan mengusir penjajah dari tanah nusa utara dengan kata-katanya Ikite Mediahi Wuntuang U’ Seke Nusa Kumbahang Katumpaeng yang berarti kita harus menyiapkan pasukan perang, negeri kita jangan dimasuki musuh, merupakan sebuah motivasi akan sikap dan komitmen Santiago yang rela berjuang demi mempertahankan bumi nusa utara sekaligus berkontribusibagi kemerdekaan RI yang kita cintai,” ujar salah satu tokoh pendidikan Sulut.     
Ketua Panpel Fentje Janis mengatakan, selain menggelar Seminar, esok harinya Sabtu (21/3) FK-Nustar juga akan menggelar Temu Kangen dari para Tokoh-Tokoh Nusa Utara. Dua kegiatan tersebut akan digelar di hotel sahid kawanua manado, jelas Janis sembari menambahkan, untuk seminar  dimulai Pukul 14:00 Wita, sementara untuk acara temu kangen pada Sabtu besok akan dimulai Pukul 09:00 Wita. (Kabag humas Drs jahja Rondonuwu MSi selaku jubir pemprov).

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar