Rabu, 06 Mei 2015

Gubernur Terima pengusaha China




Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang, di ruang kerjanya Rabu (6/5) kemarin, menerima kunjungan Pengusaha asal China Huang Bo dari China Great Wall Holding (CGWH). Kedatangan Huang Bao itu ditemani Ketua DPRD Provinsi Sulut Drs Steven Kandouw dan Chaiman JADDI Foods Dani Wanandi.
Tujuan kedatanggnya Huang Bo menurut Gubernur ingin menanamkan investasi di kawasan ekonomi khusus (KEK) bitung.
Gubernur mengatakan, Pemerintah China memang memberi kesempatan seluas-luasnya kepada semua pengusaha China untuk berinvestasi ke luar negeri, sebelumnya pengusaha China yang tergabung dalam payung China Communications Construktion Company (CCCC) sudah melakukan kunjungan langsung di KEK Bitung.
Saat ini Huang Bo dari CGWH ingin melakukan hal yang sama di KEK bitung. Bahkan kepada Gubernur  Bo berjanji ingin membuat KEK bitung sama dengan Shenzen di China, sembari memperlihatkan siteplan yang sementara dibangun di Tiongkok dan Shenzen kepada SHS.
Rencananya Bo akan membangun perbankan maritim di Sulut. Selain itu bidang industri dan pariwisata yang sementara dikembangkan di Tiongkok akan dibangun di daerah ini semacam center (kantor) atas kerjasama Indonesia China untuk menampilkan kebudayaan yang ada, jelas Bo.
SHS mengatakan, belum lama ini bersama Presiden Jokowitelah berkunjung beberpa Kota di China  seperti Guangdhong dan Guangzhou, namun dalam waktu dekat SHS juga akan berkunjung ke negara tirai bambu untuk mengunjungi empat kota di China sedangkan data-datanya akan disiapkan untuk dibawah ke China.
Gubernur juga mengatakan, pertemuan dengan Bo sebelumnya sudah berlangsung di Beijing, bahkan sebelum datang di Sini Bo sudah bertemu dengan Menteri Perindustrian RI Saleh Husin di Jakarta. Turut hadir Asisten Ekonomi Pembangunan Drs Sanny Parengkuang MAP, Kaban PMD Sulut Dra Lynda Deysi Watania MM MSi, Kadis Perindag Ir Jenny Karouw MSi, serta Kaban LH Edwin Silangen SE MA. (Kabag humas Drs Jahja Rondonuwu MSi selaku jubir pemprov). 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar