Kamis, 28 Mei 2015

Jokowi Serahkan Kartu Perlindungan Sosial Kepada Warga Kolongan dan Talawaan









Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi saat berkunjung di Puskesmas Talawaan Kec, Talawaan Minut, Kamis (28/5) kemarin, telah menyerahkan tiga jenis Kartu Perlindungan Sosial kepada 2432 warga di dua Desa yakni Desa Kolongan Kec, Kalawat dan Desa Talawaan Kec, Talawaan.
Ketiga kartu perlindungan sosial yang diserahkan Jokowi itu terdiri dari Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)  449, Kartu Indonesia Pintar (KIP) 456, Kartu Indonesia Sehat (KIS) 1514 serta 13 kartu Orang Dengan Kecatatan Berat atau PMKS.
Jokowi  minta, adik-adik siswa penerima KIP kiranya uang ini dapat dipakai untuk kebutuhan sekolah seperti membeli buku pelajaran, sepatu atau pakaian seragam. Jangan dipakai untuk beli kebutuhan lain-lain.
 “Saya rasa bantuan ini cukup untuk membantu siswa selama satu tahun yang dibayarkan pertriwulan,”ujarnya.
Kesempatan itu Jokowi juga tak lupa menitip pesan agar adik-adik siswa harus tekun belajar, minimal tiga jam setiap malam.
Sementara untuk Kartu Indonesia Sehat (KIS), kalau cuma batuk pilek biasa segera berobat ke Puskesmas terdekat, kalau sudah agak berat segera minta rujukan untuk berobat ke Rumash Sakit. Semua biaya akan di bebankan kepada pemerintah, tandas Jokowi, yang pada kesempatan itu telah memberi hadiah kepada lima perwakilan penerima bantuan Kartu Perlindungan Sosial  berupa  sepeda.
Sebelumnya Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menyebutkan, penerima bantuan KIP merupakan anak-anak yang berusia 6 s/d 21 Tahun yaitu para siswa SD Rp. 450 Ribu/pertahun, SMP Rp. 750 Ribu/pertahun dan siswa SMA sederajat Rp.1 Juta.
 Kadis Sosial Sulut Drs Star Wowor menyebutkan, kalau untuk Sulut secara keseluruhan,  penerima kartu perlindungan sosial itu masih dalam proses ferifikasi dan falidasi data sasaran (penerima) yaitu keluarga sangat miskin.
Sementara itu, Kadis Kesehatan Sulut dr grace L Punuh MKes menambahkan, kehadiran Ibu Negara Iriana Jokowi di Puskesmas Talawaan untuk melihat secara langsung kegiatan pemeriksaan inspeksi Visual Asotat (IVA). Jadi lewat IVA merupakan cara untuk mendeteksi kanker mulut rahim. Turut Hadir Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang, Wagub Dr Djouhari Kansil MPd           
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar