Senin, 11 Mei 2015

SHS: Kabupaten Kota Ikut Berkontribusi PE Sulut







Gubernur Sulawesi Utara DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) mengakui Pemerintah Kabupaten Kota ikut berkontribusi dalam meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi (PE) Sulawesi Utara.
Hal itu dikatakan SHS pada Seminar yang digelar BPK-RI di Unsrat Manado, Senin (11/5) kemarin.
Pertumbuhan Ekonomi Sulut yang kini mencapai 7,5%-8%, tidak lepas dari adanya kontribusi positif Pemerintah Kabupaten Kota. Kepala Daerah sangat berperan aktif dalam rangka menciptakan PE tersebut sehingga Sulut bisa mencapai angka di atas rata-rata nasional.
Gubernur mengatakan Pendapatan Per Kapita Sulawesi Utara rata-rata mencapai 3000 US$, menuju 3500-4000 US$ sesuai dengan RPJMN. Sedangkan IPM Sulut mendapat ranking 2 nasional dan dipertahankan 5 tahun berturut-turut sesudah Provinsi DKI Jakarta.
Karena itu SHS bertekad agar dalam penyajian laporan keuangan serta penilaian BPK-RI terkait dengan pemebrian opini, saya merasa yakin Sulut akan meraih WTP pada pemeriksaan BPK-RI Tahun Anggaran 2014, karena ini sudah menjadi komitmen bersama dalam pengelolaan APBD Sulut.
SHS menambahkan paradigma baru BPK-RI bukan hanya memeriksa pengelolaan keuangan tetapi juga meneliti sebagaimana anggaran yang dikelola untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, yang diarahkan pada anggaran kinerja, artinya dana yang dikelola sepadan dan seimbang dengan hasil yang dicapai. (Kabag Humas Drs Jahja P Rondonuwu selaku jubir Pemprov)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar