Senin, 21 Maret 2016

Gubernur : Sektor Pertanian akan kembali di genjot


Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE mengatakan dalam pemerintahan OD-SK Sektor pariwisata menjadi primadona disamping sektor Pertanian yang merupakan salah satu sektor utama untuk mendorong perekonomian daerah dan menyerap tenaga kerja, untuk itu kinerja sektor pertanian akan kembali digenjot. Penegasan ini disampaikan orang nomor satu di sulut ini pada dialog interaktif di RRI Manado, Senin (21/03) pagi kemarin.
Lebih lanjut Gubernur mengatakan permasalahan utama  yang dihadapi oleh para petani adalah pemasaran yang belum maksimal, seperti komoditi cengkih, kelapa, pala dan hasil olahan aren (captikus) Para petani kita tidak mampu menjual hasil pertanian dengan harga yang sesuai. bahkan ketika hasil pertanian memasuki masa panen, harga pasaran jatuh. Hal ini berbeda dengan pedagang yang tidak merasakan resiko yang sama dengan petani.
Selain itu Potensi pertanian Sulut yang besar pada kenyataannya berbanding terbalik dengan kondisi sebagian besar dari petani kita masih banyak yang termasuk golongan miskin.
“upaya-upaya pemerintah jangka pendek untuk mengatasi hal tersebut sudah dilaksanakan melalui Program ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan) melalui pemberian Bantuan Bibit kelapa dan cengkih di Bolsel. Kedepannya akan dilaksanakan sejumlah Program strategis untuk meningkatkan daya saing produk-produk hasil pertanian.”
Menanggapi sejumlah penanya dari sambungan telpon tentang nasib para petani cap tikus, Gubernur menyampaikan sudah mengutus tiga kepala daerah dalam memperjuangkan nasib para petani dalam pembahasan RUU Minuman Alkohol. Kedepannya Daya saing produk hasil pertanian atau cap tikus harus diarahkan lebih bernilai agar berkontribusi dalam aktifitas perdagangan dan perekonomian daerah.”(Humas Pemprov Sulut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar