Rabu, 05 Oktober 2016

Pemerintah pusat prioritas bangun infrastruktur perhubungan sulut

Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budhi Karya Sumadi dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE menjajaki kerjasama  tentang pengembangan dan pembangunan bandara udara Miangas (Kabupaten Talaud) dan bandara udara Sam Ratulangi Manado serta Pelabuhan Bitung di Provinsi Sulawesi Utara Rabu (05/10) siang kemarin.

Dalam sambutanya Menhub mengatakan Sulawesi Utara akan menjadi Provinsi yang maju karena sejak menjabat agustus lalu  keinginan
saya datang ke Sulut ,  sebab bapak Olly sudah menjadi pembicaraan dari Presiden Joko Widodo karena telah berhasil mendatangkan 23 ribu wisatawan mancanegara  dan sulut menjadi contoh yang  baik di indonesia.

Mengenai Miangas adalah impian besar dari pak Jokowi bahwa pulau-pulau terluar harus mempunyai kesejanteraan yang sama dengan pulau pulau yang lain

Karena itu saya sudah lapor bapak Presiden, dan  rencananya Presiden akan datang langsung meresmikan langsung bandara
Miangas ini, dengan sendirinya Miangas akan menjadi bandara terluar di utara NKRI.

Dalam waktu dekat kita akan meresmikan bandara di Miangas, kita lengkapi fasilitasnya dengan sendirinya akan nenjadi penerbangan perintis dan otomatis faktor ekonomi dan pariwisata akan maju di daerah itu  sebab ini merupakan dari program nawa  cita.

Disisi lain Gubernur mengatakan Miangas sebagai salah satu pulau terluar di Sulawesi Utara memiliki potensi Perikanan dan Pariwisata yang sangat menjanjikan, apalagi adanya festival Manee yang merupakan kalender tahunan menunjang pariwisata di pulau Porodisa (sebutan Kabupaten Talaud) dimana masyarakat menangkap ikan tidak perlu menggunakan perahu, akan tetapi ikan yang ada di laut berkumpul dipinggir pantai dan masyarakat langsung menangkapmya dengan tangan kosong. Festival ini biasanya berlangsung pada setiap bulan Mei, sembari menanbahkan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pujiastuti pernah mengikuti langsung festival ini, ujar Dondokambey.
Sementara dari segi infrastruktur pendukung pariwisata Gubernur menjelaskan direncanakan tahun depan Sulut bahkan ketambahan 500 kamar hotel melalui pembangunan hotel bintang 3 dan 4 di Likupang. "Yang paling utama kita sudah persiapkan daerah wisata baru di Likupang lewat wisata alam pantai yang diproyeksikan untuk menjadi kawasan wisata favorit ke dua setelah bunaken", ujarnya.
Turut hadir dalam acara ini Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw, Kapolda Sulut, Danlanud Sri, Kadis perhubungan Sulut. Pada Siang kemarin juga Menhub Didampingi Wagub berkesempatan mengunjungi secara langsung bandara miangas untuk melihat segala kesiapan bandara sebelum diresmikan (Humas Pemprov Sulut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar