Kamis, 27 Oktober 2016

Sulut Jadi Motor Pembangunan Desa

Provinsi Sulawesi Utara diharapkan menjadi provinsi percontohan pembangunan desa bagu seluruh daerah di Indonesia. Penegasan tersebut sisampaikan oleh Menteri Desa, pembangunn daerah tertingal dan transmigrasi Eko Putro Sandjojo, saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Minahasa Utara Kamis, (27/10).

Sulut menjadi percontohan karena Presiden Joko Widodo sangat perduli dengan pembangunan desa si daerah pinggiran Indonesia. Sulut menjadi prioritas karena berada di beranda terdepan NKRI. Sulut sendiri mempunyai fokus pembangunan di bidang pariwisata, untuk itu Menteri mengatakan dana desa yang diberikan pemerintah bukan hanya untuk pembangunan infrastruktur namun bisa di gunakan untuk pemberdayaan masyarakat desa dengan memajukan UMKM yang ada di desa melalui pembentukan badan umum pemberdayaan desa.

Pemerintah daerah diharapkan lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan dana desa, pemerintah daerah harus memberdayakan masyarakat untuk pembangunan sektor pariwisata. Pemerintah pusat akan terus membantu daerah melalui dana desa dimana setiap tahun dana untuk desa akan terus di tingkatkan, saat ini dana desa telah mencapai angka 46 triliun, tahun dipan akan ditambah menjadi 60 triliun.

Wagub Steven Kandouw  dalam sambutan juga mengatakan Pemerintah Provinsi selalu mengawal dengan baik penyaluran dana desa agar bisa terealisasi dengan baik. Atas saran yang diberikan Menteri Kandouw mengajak kepada pemerintah Kabupaten Kota yang ada di Sulut untuk menggunakan dengan baik bantuan pemerintah pusat tersebut karena semua keberhasilan dalam pemanfaatan dana desa kembali akan dirasakan daerah sendiri.(humas provinsi sulut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar