Minggu, 30 Juni 2013

Konjen AS Akan Beli Sampah Bunaken

Konjen Amerika Serikat (AS) Joaquin Monsserete yang didamping Wagub Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd, Walikota Manado Vicky Lumentut bersama Kaban Lingkungan Hidup Provinsi Sulut Ir. Olvie Ateng MSi sangat tertarik untuk menyaksikan langsung prosesing mesin daur ulang sampah plastik milik kelompok LSM Brits Bunaken, Minggu (30/6) kemarin.
Mesin prosesing daur ulang sampah ini, merupakan satu-satunya yang ada di pulau bunaken. Dimana seluruh sampah plastik yang ada di pulau yang memiliki taman laut terindah di dunia ini merupakan milik dari LSM Brits. Dimana LSM pencinta lingkungan hidup ini, berhasil keluar sebagai juara satu, karena mampu mendaur ulang sampah dibunaken secara sendiri. Dan Pengharggaan tersebut telah diserahkan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada Bulan Maret 2013 lalu di Bali, jelas Kaban Lingkungan Hidup  Olvie Ateng MSi.  
Konjen Monsserete berjanji dalam rangka membantu masyarakat bunaken nantinya kami akan membeli sampah-sapah platik yang sudah di daur ulang ini, karena selama ini LSM Brits langsung menjual sampah hasil daur ulang ini kepada pengusaha yang ada di surabaya. “Saya akan berusaha untuk membeli sampah-sampah hasil daur ulang di bunakn ini”, sembari mengingatkan,  yang paling penting disini bagaimana kita mampu memberikan pendidikan bagi  masyarakat bunaken untuk mampu memelihara lingkungan hidup, artinya masyarakat tidak membuang sampah secara sembarangan. Jadi masyarakat harus mendukung program pemerintah daerah dalam rangka melesterikan pulau ini. Karena apabila sampah-sampah ini mampu dikelola dengan baik dipastikan akan mendatang uang bagi masyarakat, sama seperti yang dilakukan LSM Brits, ajaknya, sembari menambahkan ini merupakan contoh yang baik bagi masyarakat sulut. Tentunya kita disulut  jangan sampai jadi seperti di Ibu kota jakarta, apabila datangnya hujan maka sampah-sampah bertebaran disana-sini, pesannya.
Sebelumnya Konjen, Wagub dan walikota telah beribadah bersama Jemaat GMIM Patmos dan Jemaat Johanes Bunaken. TurutHadir Ibu Mieke Kansil Tatengkeng, Isteri Konjen dan beberapa pejabat teras Pemprov dan Pemkot Manado. (Kabag humas Jackson Ruaw selaku jubir pemprov)  


   





Tidak ada komentar:

Posting Komentar