Selasa, 30 Juli 2013

Gubernur Evaluasi Progres Infrastruktur Pembangunan Mendukung MP3Ei

Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang didampingi Wagub Dr. Djouhari Kansil MPd dan Sekprov Ir. Siswa R Mokodongan memimpin Rakorev, Progres (kemajuan) Pembangunan Infrasturktur dalam rangka mendukung Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3Ei) di Provinsi Sulut Tahun 2013, Selasa (30/7) kemarin, di ruang huyula Kantor Gubernur.
Sedikitnya ada sekitar 13 proyek infrasturktur pembangunan yang di Evaluasi oleh Gubernur terkait dengan proyek-proyek yang dibawah pengawasan  Dinas PU, Balai Jalan dan Jembatan, Balai air dan sungai serta infrastruktur pembangunan yang sementara dan akan dibangun di diberbagai kabupaten/kota di daerah ini.
Seperti infrasturktur jalan yang meliputi jalan tol manado-bitung, pelebaran jalan manado-tomohon, pembangunan ruas jalan manado by pass III winangun-malalayang/ring-road III manado , pembangunan ruas jalan boulevard II,serta peningkatan ruas jalan girian-kema. Selanjutnya pembangunan urban flood control selected cities di kota manado; pembangunan pengamanan pantai teluk amurang minsel, waduk kuwil minut, waduk lolak bolmong, pembangunan kampus baru UNSRAT di wori minut; pembangunan gedung STAIN dan STAKN dan kampus UNIMA di kompleks sport center di kawasan balitka desa paniki bawah kec, mapanget kota manada; pembangunan gedung Science On Asphere Geometry, di kompleks GKIC; pembangunan kompleks DPRD Prov Sulut di kairagi manado; pembangunan gedung miniatur kompleks kerukunan di teling; pembangunan pelabuhan manado marina bay (MMB) manado serta pembangunan kawasan reklamasi di KEK tanjung merah bitung.
Gubernur mengatakan, dari sekian mega proek tersebut ada yang harus segera membuat kajian amdal seperti KEK tanjung merah. Pemkot Bitung segera membuat kajian amdal karena pantai sepanjang seribu meter sudah sangat dangkal. Untuk pembangunan ring road III Sarundajang minta Pemkot Manado dapat menyiapkan dana Rp. 10 M dalam ABT nanti untuk pembebasan lahan, nanti pemprov akan membantu menyiapkan dana yang lebih besar lagi, termasuk pembebasan lahan tol manado minut dan bitung juga segera disiapkan dalam ABT 2013 ini.  Selanjutnya pelebaran jalan manado-tomohon yang akan diperlebar, Pemkot Tomohon dan Pemkab Minahasa dapat menyiapkan anggaran di 2013 ini. Begitu pula dengan kampus baru Unsrat anggarannya sudah ada tinggal secepatnya pembebasan lahan dilakukan. Termasuk Unima, STAIN dan STAKN dana untuk pembangunan gedung juga sudah tersedia. Khusus STAIN dan STAKN menurut Sarundajang akan dibangun secara berdampingan di satu lokasi, sebagai bukti bahwa provinsi sulut merupakan daerah yang menjunjung tinggi pluralisme, jelasnya.
Gubernur menambahkan di Kantor eks Kodim Manado yang terletak di teling atas nantinya akan dibangun miniatur center bagi pemeluk enam agama yang ada, sebab Korem telah menghibahkan tanah dan gedung tersebut untuk pembangunan miniatur. Turut hadir Walikota manado Vecky Lumentut, Bupati Minut Sompie Singal, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Wakil Bupati Bolmong Janny Tuutk serta wakil Walikota Bitung Max Lomban serta pejabat teras pemprov. (Kabag humas Judhistira Siwu selaku jubir pemprov).





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar