Kamis, 12 September 2013

Sulut Jadi Contoh Bagi Daerah LainGubernur Terima Penghargaan Wapres Sebagai Daerah Dengan LKPD Terbaik



Prestasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam hal ini Gubernur DR.S.H. Sarundajang kembali diapresiasi Pemerintah RI. Masih terkait dengan raihan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap pertanggungjawaban pengelolaan APBD T.A. 2012, Sulut bersama 15 Provinsi lainnya menerima penghargaan dari Wakil Presiden RI Prof.DR. Boediono atas prestasinya dalam menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) terhadap pengelolaan keuangan daerah sehingga mampu meraih opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI, Kamis (12/9) di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI pada acara pembukaan Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintan Tahun 2013.
Menteri Keuangan RI DR. Chatib Basri dalam laporannya menyampaikan tentang progres yang berhasil dicapai pemerintah baik di Kementerian dan Lembaga maupun di pemerintah daerah. "15 tahun lalu perekonomian Indonesia sempat terpuruk dengan sangat dalam. Sehingga dunia bahkan tidak mempercayai indonesia sebagai putaran ekonomi dan pengelolaan keuangan lagi", ujar Basri. "Namun dengan semangat dan kerja keras semua pihak, hasil yang sangat menggembirakan telah berhasil dicapai. Buktinya, dalam laporan keuangan yang diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selalu ada perbaikan opini dari tahun kee tahun. Ia mencatat tahun 2006 hanya 6 Kementerian Lembaga (KL) yang mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ketika tahun 2012, angka tersebut meningkat menjadi 69 KL untuk opini WTP" sebut pria lulusan FE Universitas Indonesia tersebut.
Wapres sendiri dalam sambutannya sebelum membuka acara tersebut hanya berbicara kurang lebih 5 menit dan selebihnya mengajak seluruh peserta menonton sebuah cuplikan kuliah singkat dari seorang CEO sebuah perusahaan ternama di Amerika Serikat berdurasi 12 menit yang bertemakan kepemimpinan dan motivasi. Menjelaskan tentang esensi dari cuplikan itu, wapres menekankan bahwa untuk menjadi 'efective leader' harus memberikan contoh dan teladan. "Menjadi pemimpin yang baik adalah dengan memperlihatkan teladan dan contoh, itu yang paling efektif daripada menekan bawahan", Jelas Wapres.
Seperti diketahui, Sulut sendiri menjadi Provinsi yang pertama di Indonesia yang meraih predikat WTP terhadap pengelolaan APBD TA. 2009. Sampai saat ini Sulut telah meraih WTP sebanyak 3 kali dan menjadi provinsi pertama dengan raihan prestasi demikian. Hasil yang diraih ini sejalan dengan komitmen Gubernur DR.S.H. Sarundajang dan Wakil Gubernur DR. Djouhari Kansil MPd terhadap pengelolaan  pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel yaitu 'Membangun Tanpa Korupsi'.
(Juru bicara Pemprov Sulut Judhistira Siwu, SE, MSi )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar