Selasa, 26 November 2013

Wagub: Kominda Sulut Harus Cepat Deteksi Gangguan Keamanan

Komunitas intelejen daerah Sulut diharapkan mampu dengan cepat mendeteksi ancaman, gangguan serta hambatan keamanan yang ada di Sulut.
Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Sulut DR Djouhari Kansil dalam acara rapat koordinasi daerah komunitas intelejen daerah Sulut yang digelar Selasa (26/11), bertempat di Hotel Sintesa Peninsula Manado.
“Komunitas intelejen diperlukan untuk mendeteksi gangguan keamanan yang dapat mempengaruhi ipoleksosbudhankan di daerah, misalnya ancaman teroris, disintegrasi bangsa, isu sara, aliran sesat perang suku dan agama serta masalah sosial lainnya,” ujar Wagub.
Wagub berharap Kominda Sulut yang di dukung oleh aparat intelejen profesional mampu mencari, mengumpulkan dan mengkomunikasikan informasi dari berbagai sumber dan potensi gejala atau peristiwa yang menjadi ancaman stabilitas nasional dan daerah.
Informasi yang tepat dan akurat di perlukan kepala daerah dan unsur pemimpin daerah, guna pengambilan keputusan dalam mewujudkan stabilitas daerah yang aman dan tentram.
“Dengan adanya informasi dini bisa mewujudkan kewaspadaan secara cepat bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam mengambil tindakan cegah atau tangkal terhadap ancaman keamanan yang timbul,” papar Kansil.
Untuk itu melalui rapat kali ini yang turut di hadiri oleh sejumlah Bupati dan Walikota se Sulut dan unsur Forkopimda Sulut, Kansil mengharapkan bisa terealisasi kebersamaan untuk bekerja keras dengan dilandasi ketulusan, loyalitas agar tercipta antisipasi serta tidak lengah dalam menjaga stabilitas keamanan daerah  masing-masing.
Kabid Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Sulut Drs. Mesak Kombongkila selaku ketua panitia dalam laporannya menyatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan visi misi dan persepsi untuk kesatuan langkah optimalisasi peran kominda serta menyikapi perkembangan situasi sosial politik dan keamanan guna mewujudkan stabilitas daerah yang kondusif.(Kabag humas Judhistira Siwu selaku jubir Pemprov Sulut).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar