Rabu, 05 Februari 2014

Komisi V DPR RI Tinjau Kerusakan Infrastruktur Pasca Banjir Manado

Perhatian terhadap bencana alam yang menimpa kota Manado,  mendapat perhatian dari seluruh pihak baik Pemerintah, pengusaha, sampai para wakil rakyat yang duduk di DPR pusat. 
setelah minggu lalu Komisi IX DPR RI melakukan peninjauan lapangan akibat banjir, kali ini giliran Komisi V DPR RI yang membidangi perhubungan, telekomunikasi dan pekerjaan umum, datang meninjau secara spesifik kerusakan akibat bencana alam tersebut, Rabu (5/2). 
kunjungan para Wakil Rakyat yang di pimpin oleh Dra Yasti Soepredjo Mokoagow yang juga merupakan anggota DPR utusan Sulut ini, diterima langsung oleh Wakil Gubernur Sulut DR Djouhari Kansil di dampingi Sekprov Ir Siswa R Mokodongan.
Pada kesempatan tersebut, Wagub memaparkan kejadian dan kerusakan infrastruktur yang terjadi akibat banjir Bandang akhir Januari lalu. 
"Bencana kali ini merupakan bencana yang cukup parah bagi kami, sampai saat ini Pemprov Sulut dan Pemkot Manado masih bekerja untuk membersihkan sampah serta memperbaiki infrastruktur akibat banjir,"ujar Wagub.
sejumlah infrastruktur yang rusak diantarnya Jalan, jembatan, jalur komunikasi yang cukup berdampak besar bagi kehidupan warga. 
Rencananya pihak Pemprov akan melakukan usulan rehabilitasi serta normalisasi alur sungai, serta bendungan guna menghindari bencana alam yang lebih parah lagi, untuk itu melalui kunjungan Komisi V ini diharapkan bisa mendapat bantuan anggaran sesuai dengan apa yang dibutuhkan Pemprov Sulut. 

Sementara itu Yasti Mokoagow menyatakan, Komisi V harus melihat secara dekat bagaimana dampak kejadian yang terjadi dan akan mengevaluasi penanganan pasca banjir guna meminimalisir kejadian serupa. 
"Kami datang ingin melihat langsung dampak kejadian, agar kami tau bagaimana nanti dan keputusan apa yang akan ditangani untuk memperbaiki daerah yang cukup parah kerusakannya," ujar Yasti.
Yasti berharap sisa sisa tender dari Kementrian PU akan dialihkan untuk perbaikan infrastruktur di Manado, karena hal ini begitu mendesak guna lancarnya kegiatan ekonomi di daerah banjir.
"Saya berharap setelah balik dari manado, teman-teman komisi lima dapat dengan cepat merespon untuk rapat bersama guna memberikan anggaran bagi perbaikan seluruh infrastruktur yang rusak akibat banjir," Tegas Yasti. Tak lupa juga seluruh anggota Komisi V menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa kepada seluruh korban yang ada di daerah banjir. 
Selesai melakukan pertemuan, Seluruh rombongan melakukan peninjauan langsung ke lokasi bencana yakni jalan yang putus akibat longsor di daerah Tinoor, daerah banjir di Karombasan dan Wonasa.
Turut hadir juga dalam kunjungan tersebut sejumlah pejabat dari Kementrian PU, Pejabat Eselon II lingkup Pemprov Sulut, serta pejabat Eselon II Pemkot Manado.(Kabag Humas Judhistira Siwu selaku Jubir Pemprov Sulut) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar