Rabu, 02 April 2014

Wagub: Rakernis KP Kiranya Mampu Merekomendasikan Upaya Peningkatan Produksi Perikanan

Provinsi Sulut sebagai salah satu dari 7 Provinsi Kepulauan dengan luas perairan 454.481 Km2, terus menempatkan sektor kelautan dan perikanan sebagai sektor penggerak pembangunan daerah. Karena selain potensi sumberdaya melimpah, Sulut juga didukung dengan posisi geografis yang strategis dibibir pasifik, sehingga tepat untuk dijadikan sebagai pintu gerbang Indonesia menuju pusat-pusat pasar ekonomi dunia, Hal itu disampaikan Wagub Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd ketika membuka Temu Koordinasi/Rakernis Kelautan Perikanan Tahun 2014 di Tindano Minahasa, Rabu (2/4) kemarin. Kegiatan yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut itu.
 Menurut Wagub perlu diakui selama ini sektor Kelautan dan Perikanan telah banyak memberi kontribusi terhadap perekonomian nasional, tapi juga turut meningkatkan ekonomi para nelayan dan masyarakat pesisir. Aapalagi produksi perikanan kita bukan saja menjadi konsumsi lokal tapi telah diekspor kemanca negara. Tidak hanya itu, tenaga kerja yang diserap pada sektor initelah memberikan dampag signifikan dalam menekan angka pengangguran.
Karena itu Kansil berharap melalui forum ini kiranya dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas, serta membahas berbagai permasalahan dan solusi alternatif terhadap upaya peningkatan produksi perikanan, sekaligus harus pula menghasilkan rekomendasi strategis dan terobosan cerdas dalam pengembangan sektor kelautan dan perikanan di daerah ini, tandasnya.
Kesempatan itu Wagub juga, mengajak seluruh stakeholder perikanan dan kelautan di Provinsi Sulut untuk menyukseskan pelaksanaan iven internasional Word Coral Reef Conference (WCRC) yang akan berlangsung Bulan depan di daerah ini.
Kadis Kelautan dan Perikanan Sulut Ir. Ronald Sorongan MSi, dalam laporannya menyatakan, kegiatan ini berlangaung setiap tahun. Tahun lalu di Melonguane Talaud dan saat ini pelaksanaannya di Tondano Minahasa. Rakernis ini bertujuan untuk memadukan langkah seluruh stekeholder untuk menunjang pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Sulut, disamping itu terlaksananya sinkronisasi dan koordinasi baik secar internal maupun eksternal antara pemerintah pusat dan daerah dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi di sektor kelautan dan perikanan, jelas Sorongan sembari menambahkan kegiatan yang  diikuti para Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan serta Kepala BP4K se- Sulut itu akan berlangsung selama tiga hari, sedanglkan pembicara yaitu Staf Ahli Menteri KP bidang ekologi dan sumber daya lau DR. Dedy Sutisna, DR. Rizald Rompas mantan staf ahli DKP. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Ivan Sarundajang, Sekab Jefry Korengkeng SH MH, Asisten I Pemprov Edwin Silangen SE MS dan Asisten 1 Pemkab Minahasa Drs Denny Mangala MSi. (Kabag humas Judisthira Siwu selaku jubir pemprov).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar