Senin, 07 April 2014

Wagub: Sektor Pertanian Telah Memberikan Hasil yang Signifikan

Sampai saat ini sektor pertanian masih menjadi sektor andalan dalam membangun perekonomian nasional, sehubungan dengan kontribusinya terhadap pembentukan PDRB sumber devisa melalui ekspor, penyediaan pangan dan penyediaan bahan baku industri, pengentasan kemiskinan dan penyediaan lapangan kerja serta  peningkatan pendapatan masyarakat. Hal itu disampaikan Wagub Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd ketika membuka Musrembang Pertanian (Musrembangtan) yang digelar Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut, di Hotel Arya duta Manado, Senin (7/4) kemarin.
Kegiatan yang diikuti seluruh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten/Kota se- Sulut itu, menurut Wagub untuk daerah provinsi sulut sendiri capaian penyelenggaraan urusan pertanian dan peternakan pada Tahun 2013 telah memberikan hasil yang sangat signifikan, namun perlu kita sadari bersama meskipun setiap tahun terdapat peningkatan produksi, laju pertumbuhan penduduk dan kebutuhan masyarakat akan meningkat pula, sehingga pembangunan pertanian dan peternakan kedepan menghadapi tantangan yang cukup besar bahkan semakin kompleks, jelas Kansil sembari menyebutkan, hal ini bisa terlihat dari semakin banyaknya permasalahan makro maupun teknis operasional kegiatan di lapangan terkait dengan proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta dukungan anggaran yang memadai.
Untuk itu Kansil berharap, Musrembangtan ini kiranya dapat menghasilkan suatu perencanaan pembangunan yang tepat, guna mewujudkan target utama pembangunan pertanian dan peternakan provinsi sulut sampai dengan Tahun 2015sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2010-1015 yaitu pencapaian Sulut swasembada beras dan swasembada pangan berkelanjutan dan menyukseskan pncapaian swasembada daging sapi nasional.  
Kadis Pertanian dan Peternakan Prov. Sulut. Ir. J Panelewen MSi menyebutkan,  kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu bertujuan untuk melakukan persiapan perencanaan program dan kegiatan pembangunan pertanian Tahun 2015 dan komitmen bersama antara Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi dan Dinas Kab/Ko untuk meningkatkan produksi tanaman pangan, hortikultura dan peternakan Tahun 2015. Sedangkan pesertanya adalah Kadis kab/ko, Kabid Kepala UPTD dan Kepala Seksi yang menangani teknis pertanian dan peternakan, tambah Panelewen. Turut hadir Kabag Penyusunan Program dan Wilayah Biro Perencanaan Saetjen Kementan  Dr. Ir. Suwandi MSi. (Kabag humas Judisthira Siwu selaku jubir pemprov). 





   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar