Rabu, 14 Mei 2014

Muslim: Pemda Berperan Kembangkan Ekonomi Kreatif berbasis Budaya Lokal

Dinas Kebudayaan dan Pariwiata Provinsi Sulut dalam rangka menunjang iven internasioal World Coral Reef Conference, Rabu (14/5) kemarin di Hotel Lion Manado menggelar Seminar Jazz. Kegiatan yang dibuka Kadis Budpar Suprianda Ruru SH LLM, menampilkan pembicara utama Sekretaris Dirjen Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya Kementerian Parekraf Drs. Mumus Muslim, MM.
Muslim mengatakan, saat ini telah terjadi pergeseran era perekonomian yaitu dari era ekonomi pertanian menjadi era ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif merupakan era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide-ide dan stock of knowledge dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.
Namun terkait dengan  ekonomi kreatif berbasis seni budaya, ruang lingkupnya meliputi perfilman, industri musik, seni rupa dan lebih khusus seni pertunjukan rakyat kontribusi ekonomi belum optimal di lihat dari aspek ekonomi, khusus untuk seni pertunjukan rakyat yang merupakan seni budaya lokal yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat seperti seni pertunjukan sastra, teater, musik dan tari. saya mendorong pemerintah daerah sulut berperan untuk  meningkatkan peranan taman budaya sebagai dapur seni budaya lokal di daerah ini, sehingga dikemudian hari akan semakin berkembang. Muslim juga menyebutkan,  Kementerian Parekraf akan mensuport taman budaya manado melalui dana dekonsentrasi untuk mengembangkan berbagai tarian daerah seperti maengket dan musik kolintang.Bahkan Muslim berjanji tarian maengket dan musik kolintang akan diusung ke UNESCO untuk dipatenkan sebagai salah satu warisan bangsa.
Sementara Kepala Seksi Pengembangan Kreasi Seni Charles Taju SSTP MSi  menyebutkan, keunikan budaya kearifan lokal merupakan daya saing utama dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta memperkuat jatih diri bangsa sekaligus dapat meningkatkan rasa bangga dan cinta terhadap Indonesia, jelas mantan KTU Samsat Manado sembari menambahkan kegiatan itu diikuti para seniman dan mahasiswa. (Kabag humas DR. Jemmy Kumendong MSi selaku jubir pemprov).




    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar