Selasa, 13 Mei 2014

SHS: SUKSES WCRC SUKSES SULUT DI MATA DUNIA


Keinginan untuk menyukseskan iven internasional World Coral Reef Conference begitu tinggi bagi Gubernur Sulawesi Utara dan panitia penyelenggara.
Sekembalinya dari Kunjungan Kenegaraan Mendampingi Presiden RI  dari Myanmar mengikuti KTT Negara ASEAN, Gubernur Sulawesi Utara DR Sinyo Harry Sarundajang langsung mengadakan Rapat terakhir dengan jajaran panitia pusat dan panitia daerah, hari Selasa 13 Mei 2014 mulai pukul 13.00 di VIP Room Pemda Bandara Samratulangi. Rapat yang diawali dengan laporan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara tentang kondisi terkini persiapan pelaksanaan WCRC serta kegiatan kegiatan dan persiapan yang telah dilakukan selama menjelang pelaksanaan WCRC.
Kemudian dilanjutkan dengan laporan dari Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ir Ronald Sorongan MSi yang memaparkan jadwal pelaksanaan acara dan kesiapan venue tempat pelaksanaan rangkaian acara, yang menarik dalam pemaparan adalah yang akan membuka acara ini adalah Bapak Wakil Presiden RI Budiono sekaligus akan meresmikan gedung CTI.
Gubernur Sulawesi Utara DR. Sinyo Harry Sarundayang dalam pengarahannya menegaskan beberapa hal diantaranya yaitu bahwa ukuran keberhasilan pelaksanaan WCRC adalah 1). mulai dari penerimaan tamu, harus diperhatikan betul barang bawaan para tamu karena ini menyangkut bawaan terumbu karang, jangan sampai ada barang yang hilang dan harus dipermudah prosedurnya. 2). setiap peserta harus tiba pada waktu yang tepat di tempat yang tepat, oleh karena itu setiap peserta harus memegang jadwal dan agenda yang jelas serta dukungan kendaraan yang mobile. 3) sukses makanan (food security), jangan sampai penyedia katering salah menyediakan makanan dan berakibat peserta sakit, 4) keamanan, perlu koordinasi yang baik dengan pihak keamanan Polda dan Korem agar keamanan terjaga dengan baik. Sarundajang menegaskan bahwa mata dunia tertuju ke Sulawesi Utara sehingga tidak bisa tidak even ini harus sukses, yg pada gilirannya akan lebih mengharumkan nama Sulut.
Sarundajang juga menyentil pentingnya pelaksnaan even WCRC ini dimana berdasarkan para pakar, terumbu karang dapat menurunkan panas bumi, hal ini karena yang membungkus terumbu karang adalah fitoplankton yang mampu mengeluarkan zat CO2, Zat ini ternyata  mampu menurunkan suhu panas bumi (global warming), jika ditarik lebih jauh lagi,  hal ini berkaitan dengan food security, dimana global warming dapat mengakibatkan gagal panen yang berimbas pada ketersediaan pangan di dunia.
Disamping panitia daerah yang terdiri dari pejabat  daerah juga dalam rapat hadir pejabat dari Kementerian Koordinator Kesra, pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Pejabat dari Kementerian Luar Negeri. (DR. Jemmy Kumendong, MSi, Kabag Humas selaku Juru Bicara Pemprov).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar