Selasa, 24 Juni 2014

Gubernur Sulut Buka Perkemahan Pemuda dan Remaja KGPM di Liba Tompaso



Gubernur Sulawesi Utara DR Sinyo Harry Sarundajang membuka perkemahan Pemuda dan Remaja KGPM di Bumi Perkemahan Kayumacis Desa Liba Kecamatan Tompaso Minahasa yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren pada Selasa sore 24 Juni 2014.
Sebelumnya Sarundajang didaulat oleh Panitia untuk memberikan ceramah yang berkiatan dengan tema yaitu “More Than Winner” serta Sub Tema “Pemuda Remaja KGPM terus membekali diri dan mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual agar diri, gereja dan bangsa lebih baik”.
Dengan lugas dan tanpa teks Sarundajang menguraikan dan memberikan pemahaman tentang kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spritual kepada sekitar 2000 peserta perkemahan yang datang dari 77 sidang KGPM baik dari dalam daerah maupun dari luar daerah.
Pada bagian awal ceramahnya Sarundajang mengulas tentang kecerdasan intelektual, dimana kecerdasan ini adalah merupakan kemampuan intelektual, analisa, logika dan rasio. Ia merupakan kecerdasan untuk menerima, menyimpan dan mengolah infomasi menjadi fakta. Orang yang kecerdasan intelektualnya baik, baginya tidak ada informasi yang sulit, semuanya dapat disimpan dan diolah, pada waktu yang tepat dan pada saat dibutuhkan diolah dan diinformasikan kembali. Proses menerima , menyimpan, dan mengolah kembali informasi  disebut "berfikir yang menjadi media untuk menambah perbendaharaan atau khazanah otak manusia. Ilmu pengetahuan yang tercipta sehingga manusia menjadi modern sampai dengan saat ini adalah bagian dari kecerdasan intelektual.
Selanjutnya Sarundajang menjelaskan tentang Kecerdasan emosional yaitu kemampuan mengenali perasaan sendiri dan perasaan orang lain,kemampuan memotivasi diri sendiri,serta kemampuan mengolah emosi dengan baik pada diri sendiri & orang lain. Bagaimana seseorang mengatur tutur kata dan tingkah laku, bagaimana hidup bertoleransi dan bagaimana hidup bergaul dengan bangsa lain adalah bagian dari kecerdasan emosional, Sarundajang menekankan bahwa apabila seseorang mampu mempunyai kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosianal maka biasanya orang itu akan memperoleh sukses dalam hidupnya.
Pada bagian akhir Sarundajang menjelskan tentang Kecerdasan spiritual  yaitu kemampuan seseorang untuk mengerti & menerima makna pada apa yang dihadapi dalam kehidupan,sehingga seseorang akan memiliki fleksibilitas dalam menghadapi persoalan di masyarakat, ciri-ciri orang ini adalah sangat berempati dengan orang lain, menghargai orang lain, menganggap bahwa semua manusia ciptaan Tuhan adalah sama, suka membantu dan suka melindungi.
“Jika kita memiliki kecerdasan tersebut, maka kita akan selalu menjadi champion dalam hidup” tandas Sarundajang.
(DR Jemmy Kumendong, Msi, Kabag Humas selaku jubir Pemprov)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar