Selasa, 24 Juni 2014

SHS: Alumni Unsrat Harus Mampu Berkiprah di Level Internasional


Demikian penekanan Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang ketika memberikan sambutan dalam acara Rapat Senat Terbuka Wisuda Program Sarjana, Profesi, Spesialis dan Magister Universitas Samratulangi Manado, Selasa 24/6/2014.
Dalam sambutannya Sarundajang menyatakan bahwa momentum wisuda adalah momentum awal bagi kelulusan sarjana dalam menapaki kehidupan dan memasuki dunia kerja, oleh karena itu Sarundajang meminta agar lulusan Unsrat menjadi orang-orang yang mampu bersaing bukan hanya di tingkat regional tetapi juga nasional bahkan internasional terlebih dalam memasuki Masyarakat Ekonomi Asean tahun 2015, dimana dibutuhkan tenaga kerja yang mempunyai keterampilan yang tinggi sehingga mampu terjun ke dalam bursa tenaga kerja dan bersaing dalam dunia bisnis modern.
Ditambahkan Sarundajang bahwa Indonesia perlu Revolusi Mental yaitu Negara Indonesia yang berdaulat, berkepribadian dan Mandiri, Revolusi mental ini dapat dicapai antara lain melalui; memperbaharui sistim pendidikan mental dimana konten pendidikan karakter mental harus lebih besar daripada pendidikan keilmuan itu sendiri agar semangat kebangsaan, semangat untuk melakukan suatu hal yang benar dan semangat untuk berusaha mandiri dapat ditumbuhkan kepada generasi penerus bangsa. Kita juga harus jadi bangsa yang percaya diri dan mampu menunjukkan jati dirinya sebagai bangsa yang besar agar diperhitungkan oleh dunia internasional dan juga jangan sampai kehilangan karakter, karena ketika kehilangan karakter maka kita akan kehilangan segala-galanya.
Pada bagian akhir sambutannya Sarundajang mengajak seluruh elemen masyarakat agar mampu menyukseskan pemilihan presiden dan wakil presiden pada tanggal 9 Juli 2014 mendatang, dan mengajak seluruh wisudawan Unsrat untuk menjadikan perhelatan tersebut sebagai sebuah pesta demokrasi yang bermartabat.
Pada bagian lain PLT Rektor Unsrat Prof DR. Ir. Musliar Kasim dalam sambutannya menyatakan bahwa wiudawan kali ini harus berbahagia karena telah lulus dari sebauh universitas yang mempunyai reputasi baik dan mengharapkan agar para wisudawan menjadi problem solver bukan menjadi sumber permasalahan dalam masyarakat, sambil juga berharap bahwa para wisudawan tidak hanya mendambakan untuk menjadi PNS karena formasinya di Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah sangat sedikit, tetapi kiranya para wisudawan dapat menjadi menjadi wirausaha, jangan takut gagal untuk berusaha karena banyak orang sukses karena mau belajar dari kegagalan.

Jumlah wisudawan unsrat sat ini sejumlah 744 orang yang terdiri dari sarjana 413 orang, (Kedokteran 47 orang, Teknik 27 orang, Pertanian 28 orang, Peternakan 10 orang, Perikanan dan kelautan 4 orang, ekonomi 102 orang, hukum 72 orang Sospol 62 orang Budaya 61 orang, Mipa 13 orang dan Magister 57 orang, Akuntansi 4 orang serta Spesialis 1 19 orang. (DR Jemmy Kumendong, Msi, Kabag Humas Selaku Jubir Pemprov)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar