Senin, 12 Januari 2015

Warga Nustar Gelar Perayaan Tulude Tingkat Provinsi



Sebagai salah satu bentuk ungkapan syukur atas pemeliharaan dan penyertaan Tuhan di sepanjang tahun 2014 serta memohon pertolongan dan perlindungan Tuhan di Tahun 2015, maka para tokoh masyarakat dan warga nusa utara (Nustar) di daerah ini, akan menggelar perayaan Adat Tulude tingkat Provinsi Sulut, pada minggu pertama Bulan Pebruari tepatnya Tanggal 7 Pebruari 2015 di lapangan KONI Sarion Manado. Hal itu disampaikan Wagub Sulut Dr Djouhari Kansil MPd yang juga selaku Ketua Umum Forum Komunikasi Nustar ketika menghadiri pertemuan perdana Panitia Tulude tingkat Provinsi Sulut yang dipimpin Wakil Bupati Minut Julisa Baramuli SH selaku Ketua Umum Panitia di ruang rapat Wagub Sulut, Senin (12/1) kemarin.
Sejumlah tokoh masyarakat yang diundang ikut hadir seperti Ketua Pucuk Pimpinan KGPM Pdt Tedius Batasina MTh, Drs Frits Tumimbang, Ibu Lutiah, Anggota Deprov Sulut asal Nustar Ferdinand Mangumbahang, Pengusaha Tonce Tenoh, serta tokoh masyarakat Nustar lainnya, ikut terlibat untuk memberikan berbagai masukan demi suksesnya hajatan budaya yang bernuansa religius tersebut.
Wagub mengatakan, perayaan Tulude untuk tingkat Provinsi Sulut telah  menjadi kalender tetap untuk dilaksanakan setiap awal tahun sesudah pelaksanaan tulude di tanah leluhur Sangihe, Talaud dan Sitaro.  Kegiatan ini  bekerja sama dengan Disbudpar Sulut dengan maksud untuk mempromosikan budaya adat tulude secara luas.
Karena itu Wagub mengajak lewat momentum tulude ini kiranya akan menyatuh seluruh komponen warga Nustar, karena sudah beberapa tahun terakhir ini tidak dilaksanakan di tingkat Provinsi. Selain itu kegiatan ini bisa terlaksana karena merupakan dorongan dari para tokoh-tokoh masyarakat Nusa utara.
Senada dengan Wagub, Ketua umum Panitia Julisa Baramuli menyatakan, pesta adat tulude, bakal dihadiri Menteri Pariwisata Ir Arief yahya MSc serta para turis manca Negara. Karena itu baramuli minta kiranya panitia pelaksana dapat bekerja keras untuk menyukseskan hajatan yang memiliki makna religius tersebut, sembari menambahkan untuk pertemuan kedua dilaksanakan pada hari selasa minggu depan di water boom perumahan citra land.
Sekretaris Umum Panitia Drs Mourits Berhandus SH MSi, menyebutkan, duduk dalam susunan kepanitiaan ini sebagai Penangungjawab Ketua Umum IKIS Drs Hengky Baramuli, Ketua Umum Forum Komunikasi Nustar Dr Djouhari Kansil MPd, Ketua Umum Bamukis Ibu Irawati Saleh, Ketua umum Mukad DR Sirus Lalompoh serta Rektor Unima Prof DR Ph Tuerah dan Dirut Bank Sulut James Salibana. (Kabag humas Drs jahya Rondonuwu MSi selaku jubir pemprov).                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar