Rabu, 08 April 2015

Philipina Gelar Business Matching di Manado


Depatemen Perdangan dan Industri Philipina berkoordinasi dengan Konsulat jenderal Philipina di Manado akan menggelar Misi Outbound Bisnis (OBM) selama dua hari di Manado. Hal itu disampaikan Penjabat Konjen Philipina di Manado Jan Sherwin Wenceslao bersama Public Relations Officer Novia HA Lambey didampingi Sekretaris Eksekutif BIMP EAGA Sulut Shelley Sondakh saat bertandang di Biro Pemerintahan dan Humas.
Ketiga tamu penting itu diterima langsung Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dra Lynda D Watania MM MSi, Kabag Humas Drs Jahja Rondonuwu MSi serta Kasubag Penerangan dan Publikasi AY Rambing, S.Sos di ruang kerja Karo Pemhumas.
Maksud kedatangan Wenceslao untuk menyampaikan maksud tersebut. Dimana Kementerian perdagangan dan Industri Philipina bersama pengusaha asal Philipina pada 16-17 April 2015 mendatang akan menggelar OBM di Bank Indonesia Cabang Manado. 
Wenceslao menyebutkan, misi ini berujuan untuk merealisasikan kesempatan yang ditawarkan melalui Masyarakat Economi ASEAN (AEC-ASEAN) yaitu konsep satu pusat pasar dan produksi, sekaligus merealisasikan kesempatan usaha di bawah payung MEA dengan dukungan satu dari pilar strategis sub-regional yaitu untuk mendapatkan satu pusat pasar dan produksi, jelasnya.
Philipina dan Indonesia sekarang menurut Wenceslao, dapat memperoleh keuntungan dan integrasi regional ASEAN di mana ada banyak produk diperdagangkan dengan zero tarif untuk meningkatkan hubungan perdagangan bilateral.
"Indonesia termasuk Sulut adalah pasar konsumen terbesar di ASEAN dan ini akan membuat eksportir Philipina untuk belajar lebih baik mengenai negaranya dan bermitra dengan pihak pengusaha yang lain dan mengembangkan perserikatan yang strategis,"tandas Wenceslao.
PR Novia (Vivi) Lambey menambahkan, misi bisnis di Manado juga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari pembukaan pelayaran Gensan-Bitung Roll on/Roll of  yang telah direncanakan sehingga diharapkan dapat mendorong pertukaran perdagangan, pariwisata, investasi dan tercapainya hubungan antar masyarakat Mindanao dan Sulut.
Lambey menyebutkan, untuk Business Matching di Manado merupakan keinginan dari Bapak Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang untuk mempertemukan para pebisinis Philpina dengan pebisnis Sulut dalam menghadapi peluang MEA, setelah Sulut pihaknya juga akan menggelar kegiatan yang sama di Makasar dan kalimantan. Untuk itu Lambey berharap stakehoilders dan pebisnis Sulut dapat mengambil bagian dalam Business Matching nanti yang akan digelar di BI Cabang Manado.
Menaggapi hal itu, Watania menyambut gembira, karena sejalan dengan program Pemprov Sulut yang saat ini sedang-giat-giatnya membangun sektor pariwisata dan sektor perekonomian di daerah ini, demi untuk kesejahteraan rakyat sulut. (Kabag humas Drs Jahja Rondonuwu MSi selaku jubir pemprov).  
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar