Rabu, 29 April 2015

Laporan kegiatan SHS dalam KTT ASEAN di Malaysia

    Perjalanan menuju Langkawi kurang lebih satu jam penerbangan dari Kuala Lumpur. Peserta Konferensi Tingkat Tinggi Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) diterima oleh Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak sebagai tuan rumah KTT ASEAN ke-26.
·      Selain dihadiri oleh kepala-kepala negara, para Menteri Luar Negeri dan Pejabat senior ikut juga membahas kerjasama subregional ASEAN seperti BIMP-EAGA, Brunei Indonesia Malaysia Phillipina – East Asean Growth Area dan IMT-GT atau Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand.
·      Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) pembukaannya dimulai di Kuala Lumpur dan pembahasan khusus kerjsama subregional lakasanakan di Langkawi, dengan agenda utama kerja sama ekonomi. Percepatan ekonomi di provinsi-provinsi Negara anggota BIMP-EAGA.
·      Isu-isu lain yang dibahas adalah isu politik dan keamanan; stabilitas kawasan karena akan berdampak pada persoalan-persoalan ekonomi di kawasan ASEAN.
·      Masalah konektivitas juga dibahas, sea linkage dan air linkage termasuk pengaktifkan kembali penerbangan Manado-Davao, Ro-Ro Davao-General Santos-Bitung.
·      Hadir dalam pembahasan BIMP-EAGA Summit, Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Malaysia Nazib Razak, Presiden Philiphina Benigno Aquino III, dan Wapres RI Jusuf Kalla.
·      Presiden Jokowi hanya mengikuti acara pembukaan di Kuala Lumpur dan diteruskan oleh Wapres Jusuf Kalla khusus untuk pembahasan BIMP-EAGA di Langkawi. Ikut mendampingi Wapres dalam pembahasan, Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Luar Negeri, Gubernur Sulut dan Gub Kalbar.
·      Mendampingi Gubernur dari Sulut, Karo SDA Setda Provinsi Sulut Franky Manumpil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar