Selasa, 21 April 2015

Sulut Raih Peringkat Tertinggi Kesejahteraan Rakyat Wilayah Indonesia Timur

Komitmen Gubernur DR SH Sarundajang, Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil dan sekretarris daerah Ir. Siswa R Mokodongan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat sulut patut mendapatkan apresiasi baik. Hal tersebut dibuktikan dengan prestasi sebagau daerah yang memiliki indeks kesejahteraan rakyat (Ikrar) tertinggi di wilayah Indonesia timur tahun 2014.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sulut Dr. Bahagia R Mokoagow, Msi,M.Kes saat memimpin rapat evaluasi program kegiatan Biro Kesra yang digelar Selasa (21/4).

Indeks kesejahteraan rakyat ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesejahteraan rakyat indonesia, sebagai alat ukur keberhasilan pembangunan yang inklusif, alat ukur ketersediaan akses terhadap pemenuhan hak dasar rakyat.

Bahagia mengatakan penilaian indeks kesejahteraan rakyat ini juga meliputi aspek keadilan sosial, keadilan ekonomi serta aspek demokrasi dan tata kelola. Dalam penghitungan Ikrar menggunakan data dari hasil kerjasama antara BPS dan kemenko kesra tentang penyediaan dan pemanfaatan data pengukuran kesejahteraan rakyat.

Dari hasil perhitungan tersebut Sulut mendapat peringkat 6 secara nasional dan menjadi provinsi terbaik wilayah indonesia timur dalam rangka peningkatan kesejahteraan rakyat. Prestasi ini tidak lepas dari peran aktif seluruhstakeholders baik yang ada di tingkat kabupaten kota maupun provinsi. Untuk itu kedepan Bahagia mengharapkan seluruh pihak untuk lebih giat lagi bekerja, proaktif dan inovatif dalam menciptakan program demi meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Turut hadir dalam rapat tersebut kabag pengembangan tenaga kerja dan penanggulangan kemiskinan Ch. Sondakh,SH, kabag pengembangan pendidikan dan kesehatab Jongky Lasut,SH, kabag pengembangan fasos dan keagamaan Drs. Hendrik Rondonuwu, Msi dan kabag pemberdayaan perempuan ,PA dan KB J.M Sondakh,SE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar