Selasa, 03 November 2015

Mokodongan: Tahun Ini Desa Mulai Diberdayakan


Sekretaris Provinsi Sulut Ir Siswa R Mokodongan menegaskan, tahun ini seluruh desa di tanah air mulai diberdayakan. Penegasan Mokodongan itu disampaikan saat membuka pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa di hotel arya duta Manado, Selasa (03/11) kemarin.
Kegiatan yang diikuti aparat desa se- Kabupaten/kota se- Sulut itu, menurut Mokodongan pemerintahan Presiden Jokowi saat ini, mulai memberdayakan desa-desa di Indonesia, dengan memberikan dana desa untuk dkelolah secara mandiri, guna membangun desanya secara mandiri.
kalau dulu desa hanya dilihat sebelah mata , baik secara struktural maupun kultural dengan menempatkan desa hanya sebagai lokasi pembangunan dari desain yang telah ditentukan oleh pemerintah, dan cenderung mengabaikan berbagai kearifan lokal, adat istiadat dan potensi desa.
Namun sekarang melalui UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa telah memberikan legitimasi konstitusional, sekaligus perintah bagi segenap stakeholders  pembangunan terkait, untuk terus mendorong pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa secara konsisten dan berkelanjutan, ujar salah satu putra terbaik Bumi Totabuan ini. (Humas Pemprov Sulut).

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar