Rabu, 20 Januari 2016

Tulude Pemprov Digelar 6 Pebruari 2016




Upacara adat Tulude Pemerintah Provinsi Sulut yang bekerjasama dengan Forum Komunikasi Masyarakat Nusa Utara (FKMNU) akan digelar pada Hari Sabtu 6 Pebruari 2016 mendatang, di lapangan Koni Sario Manado, hal itu dikatakan mantan Wagub Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd yang juga selaku Ketua Umum FKMNU, saat melakukan pertemuan dengan Penjabat Gubernur Sulut di Gubernuran Bumi Beringin Manado, Rabu (20/01) kemarin.
Upacara adat Tulude ini sudah menjadi agenda tetap Pemprov Sulut di setiap awal tahun, dan pesta adat masyarakat Nusa Utara ini sudah yang kedua kalinya digelar sejak tahun lalu, jelas Kansil.
Kansil menjelaskan, Tulude merupakan pesta adat yang bernuansa religius, yang oleh para leluhur dijadikan momentum ucapan syukur kepada yang Maha Besar Tuhan atas segala berkat dan pertolongan di tahun yang lama sambil memohon perlindungan di tahun yang baru.
Kansil menambahkan gelaran adat ini selain akan dihadiri oleh warga nusa utara juga tiga Kepala Daerah di kepulauan, para tokoh agama Kristen maupun Muslim, para pimpinan dan anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota asal Nusa Utara.
Sumarsono memberikan suport terhadap pelaksanaan iven ini sehingga boleh berlangsung sukses dan penuh hikmat. Karena gelaran adat ini merupakan upaya pelestarian nilai-nilai budaya local guna menunjang pariwisata di daerah ini, sembari menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam acara tersebut.
Turut hadir dalam pertemuan ini Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon  Palandung MSi, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Ir Happy Korah MSi, serta pengurus FKMNU.(Humas Pemprov Sulut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar