Rabu, 04 Mei 2016

Mokodongan ajak Kab/Kota jabarkan Program Nawacita dalam APBD



Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ir SR Mokodongan mengajak Pemerintah Daerah Kabupaten Kota untuk menjabarkan Program Nawacita dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Ajakan ini disampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan Daerah Kab/Kota Se Sulut di Ruang CJ Rantung Kantor Gubernur (04/05).
Lebih lanjut Sekprov menjelaskan pentingnya penjabaran Program Nawacita dalam APBD agar terjadi sinkronisasi antara kebijakan pemerintah pusat sampai di daerah.
Selain itu Mokodongan juga meminta pada para Sekretaris Daerah Kab/Kota selaku Koordinator Pengelolaan Keuangan Daerah sekaligus Ketua Tim Anggara Pemerintah Daerah, agar benar-benar melaksanakan fungsi secara maksimal, sehingga target capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
Diakuinya, sampai saat ini masih terdapat kelemahan-kelemahan yang berpotensi kegagalan dalam mencapai opini WTP diantaranya, pembahasan KUA-PPAS sampai persetujuan kepala daerah pimpinan DPRD atas ranperda APBD, yang belum tepat waktu. penyusunan RKA SKPD yang belum sesuai tupoksi serta pengalokasian anggaran terhadap fungsi pendidikan, fungsi kesehatan, alokasi dana desa yang belum memenuhi jumlah anggaran sesuai ketentuan dalam penganggaran.
"Untuk itu, saya yakin melalui rapat koordinasi ini akan mampu mengoptimalkan kerja dan karya dalam pengelolaan keuangan, dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan sekaligus mensolusikan berbagai permasalahan yang dihadapi, serta menyamakan persepsi guna peningkatan kinerja kedepan", tandas Mokodongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar