Rabu, 28 Maret 2018

Pemprov Sulut Dukung Proyek Palapa Ring

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan apresiasi yang tinggi atas kunjungan kerja Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang digelar di Ruang F.J. Tumbelaka, Rabu (28/3/2018) siang.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi karena telah memilih Sulawesi Utara sebagai lokasi pelaksanaan Kunjungan Kerja. Bagi kami, ini merupakan suatu kepercayaan dan kepedulian terhadap dinamika pembangunan bangsa di Bumi Nyiur Melambai Sulawesi Utara," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edison Humiang saat membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE.

Diketahui, kunjungan Komisi I DPR RI yang dipimpin langsung Ketuanya yakni Abdul Haris (PKS) ini terkait Proyek Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring Paket Tengah yang meliputi wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara.

Adapun Proyek Palapa Ring merupakan pembangunan jaringan tol informasi yaitu jaringan fiber optik baik submarine maupun inland ke wilayah-wilayah kabupaten/kota yang sangat membutuhkan kehadiran negara agar jaringan broadband telekomunikasi dapat menjangkau ke wilayah-wilayah tersebut. Pembangunan jaringan telekomunikasi oleh pemerintah perlu dilakukan karena daerah-daerah tersebut dinilai tidak feasible bagi operator telekomunikasi.

Oleh karena itu, untuk mensukseskan proyek Palapa Ring Paket Tengah, Gubernur Olly menyatakan komitmen dari Pemprov Sulut untuk menjadikan stabilitas daerah, semangat persatuan dan kesatuan serta sinergitas kerja dengan DPR RI sebagai kunci keberhasilan pembangunan daerah.

"Sinergitas dengan berbagai stakeholder pembangunan bangsa, termasuk di dalamnya DPR RI, sebagai poin penting implementasi urusan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan serta kunci keberhasilan pembangunan daerah di lintas aspek," tandasnya.

Lebih jauh, masih dalam sambutan, Gubernur Olly mengimbau seluruh perangkat daerah agar secara maksimal memfasilitasi ketersediaan data dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Komisi I DPR RI.

"Ini akan mengoptimalkan pencapaian pembangunan Palapa Ring di Wilayah Sulawesi Utara," imbuhnya.

Ditempat yang sama Ketua Komisi I DPR RI Abdul Haris (PKS) mengatakan proyek berteknologi tinggi itu bakal diluncurkan pada awal tahun depan.

"Proyek Palapa Ring Paket Tengah ditargetkan rampung pada 2019. Sehingga daerah-daerah yang berada di paket tengah ini sudah bisa menikmati akses broadband," ujarnya.

Hal senada diutarakan Direktur Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Anang Latif.

"Pengembangan jaringan Palapa Ring Paket Tengah ini di kemudian hari, menjadikan wilayah-wilayah yang berada dalam lingkup Palapa Ring Paket Tengah akan mendapatkan layanan jaringan pita lebar (broadband) berbasis kabel (wireline) maupun non kabel (wireless) yang dapat diaplikasikan di berbagai area kegiatan," paparnya.

Pertemuan itu turut dihadiri anggota DPR RI diantaranya Andreas Pareira (PDIP), Meutya Hafid (Golkar), Syarifuddin Hasan (Demokrat) Direktur Utama PT Len Telekomunikasi Indonesia (LTI) Pantja Gelora dan para pejabat Pemprov Sulut. (Humas Pemprov Sulut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar