Senin, 17 Juni 2013

Onibala : Mantapkan Kinerja Pemerintah

Penyelenggaraan pemerintahan umum di wilayah provinsi tidak lepas dari tugas dan wewenang gubernur sebagai wakil perintah pusat di daerah yang ditinjau dari perspektif normatif, realita hubungan provinsi dan kab/kota dan arah kebijakan yang dilkakukan dalam kontek dekonsentrasi merupaka dinamika  yang harus dilalui dalam rangka pemantapan kinerja pemerintah yang paripurna.Demikian dikatakan Gubernur Sulut yang disampaikan oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. M. M. Onibala, MSi saat membuka acara Fasilitasi Gubernur Terhadap Pemerintah Kabupaten/Kota di Bidang Ekonomi, Industri dan Perdagangan Bebas serta Rakor Penyelenggaraan Pemerintahan Umum di Wilayah Provinsi bertempat di Swiss-Belhotel Maleosan (17/6) Manado.
Onibala saat pembukaan didampingi oleh Dirjen Pemerintahan Umum Kemendagr DR. Made Suwandi  dan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas DR. Noudi R. P. Tendean, SIP, MSi mengatakan bahwa Penguatan peran gubernur sebagai wakil pemerintah pusat dan  NKRI harus sejalan dengan ketentuan dan diatur melalui kebijakan yang lebih operasional dan gubernur perlu diberikan peranan dalam keseluruhan aspek manejemen pemerintahan daerah. Dan Pembinaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi menyangkut pengelolaan kawasan ekonomi, industri dan perdagangan bebas sesuai dengan perundang-undangan dimaksudkan untuk menciptakan koordinasi dan sinergis dalam pembangunan di provinsi maupun kab/kota untuk menghindari terjadinya tumpang tindih program/kegiatan sektor dengan progran daerah.” Kata Onibala.
Pada kesempatan itu Onibala mengharapkan kiranya kegiatan ini akan dapat mensolusikan mis-interetasi dan mis-implementasi dengan penyelenggaraan pemerintahan umum di wilayah provinsi demi gerak pacu pembangunan daerah agar dapat mencapai dan menjawab visi terwujudnya sulut sebagai pintu gerbang indonesia di kawasan asia pasifik menuju masyarakat yang semakin berbudaya, berdaya saing dan sejahtera.

Sebelumnya diawali laporan dari Kepala Biro Pemerintahan dan Humas DR. Noudi R. P. Tendean, SIP, MSi yang mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan umum dan untuk membina, mengawasi, monitoring dan evaluasi terhadap penyelenggaraan pengelolaan kawasan ekonomi, industri  serta perdagangan bebas. Dan acara ini diprakasai oleh Kepala Bagian Pemerintahan Drs. Lucky Taju, MSi dan Sub Bagian Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan Boslar Sanger,SE akan dilaksanakan dari tanggal 17 s/d 19 Juni 2013 dan diikuti instansi terkait baik provinsi maupun kab/kota. (Kabag Humas Drs Jackson F Ruaw, MSi selaku jubir pemprov)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar