Selasa, 04 Juni 2013

Sulut Masuk Tiga Besar Nominasi Penerima Sikompak Award


Provins Sulut menjadi salah satu daerah dari 32 Provinsi masuk dalam nominasi tiga besar terbaik penilaian “Sikompak Award” PNPM Masyarakat Mandiri Perdesaan, kategori pendamping lokal yang diwakili Yeremia Antara dari Kec, Tabukan Tengah Kab. Kepulauan Sangihe. Hal itu dikatakan, Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd dalam testimoni saat menerima kunjungan kerja tim penilai seleksi nasional Sikompak Award Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan  di ruang kerjanya, Selasa (4/6) kemarin.  
Tentunya kami sungguh berbangga dan berterima kasih karena provinsi sulut di tahun 2013 ini, masuk dalam nominasi tiga besar PNPM-MPD sesuai penilaian dari tim pusat, mengingat Kec, tabukan Tengah Kab. Sangihe memiliki tingkat kesulitan yang ekstim, namun mampu bersaing dengan daerah lain hingga bisa  masuk tigas besar. Tahun-tahun sebelumnya kami berharap sulut bisa masuk dalam nominasi ini, namun baru tahun ini kita berhasil, ujar mantan Kadis Diknas Sulut.
Menurut Kansil PNPM Mandiri Perdesaan di Sulut dilaksanakan sejak tahun 2007 s/d 2013 dengan lokasi dan alokasi dana bantuan langsung masyarakat kabupaten, kecamatan dan desa. Sedangkan manfaatnya tersedia lapangan pekerjaan dan peningkatan pendapatan bagi kelompok masyarakat miskin, meningkatnya partisipasi masyarakat miskin dan atau kelompok perempuan, dalam pengambilan keputusan perencanaan, pelaksanaan, penentuan dan pelestarian pembangunan.
Kansil juga menyebutkan, PNPM Mandiri Perdesaan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat seperti, terjadi pembiasaan masyarakat desa terhadap keikut sertaan dalam proses pembangunan desa yang bersifat pertisipatif melalui suatu forum masyarakat baik ditingkat desa maupun kecamatan dalam menggagas masa depan desa (MMDD). Hadir Kaban PMD Dr. Ricky Toemandoek. (Kabag humas Jackson Ruaw selaku jubir pemprov). 




     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar