Kamis, 21 November 2013

Gubernur: PNS Pemprov Wajib Mendonorkan Darah

Kebutuhan  darah bagi warga didaerah ini semakin signifikan, sementara persediaannya masih sangat terbatas. Karena itu, dalam rangka menunjang program PMI sebagai salah satu lembaga penyedia darah bagi manusia, diharapkan seluruh jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Sulut, wajib mendonorkan   darah. Penegasan tersebut disampaikan Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang pada acara Gerakan 1000 Donor Darah Sukarela di Provinsi Sulut, Kamis (21/11) kemarin.
Kegiatan yang digelar PMI Cabang Sulut dan Pengurus PDDI Sulut di Mantos, turut dihadiri Ketua Umum PMI H. Moh Jusuf Kalla, Ketua Deprov Pdt Meiyva Salindeho Lintang STh, Dan Lanudsri Kol. Pnb Ferdinand Roring, Ketua PMI Sulut James Karinda SH serta Ketua PDDI Sulut Suhendro Boroma.
Menurut Sarundajang, tingginya kebutuhan darah bagi manusia di sulut, tidak lepas dari dampag kemajuan pembangunan ekonomi daerah ini, ekses pertumbuhan ekonomi sangat berdampag pada darah, karena gaya hidup warga sulut semakin maju,  sehingga pemprov sulut harus mengambil langkah-langkah antisipatif  memenuhi akan kebutuhan daerah di daerah ini, salah satunya dari PNS pemprov, karena donor darah juga dapat  menyehatkan tubuh kita, ujarnya.
Saya akan lihat mulai dari Kepala SKPD sampai dengan staf wajib mendonorkan darahnya, sembari menyebutkan, dulu sulut mengalami krisis darah dan ini sangat memprihatinkan, jika pemerintah tidak mengambil tindakan konkrit seperti ini, berarti hanya mematikan orang lain. “Kalau sampai terjadi kekurangan darah pasti manusia akan mati”, katanya.

 Sarundajang memberi alasan tingginya kebutuhan darah di daerah ini karena, Tingkat kecelakaan kendaraan bermotor sangat tinggi dan ini sangat membutuhkan darah segar yang selalu tersedia di PMI. Belum lagi dengan penyediaan darah bagi ibu-ibu melahirkan termasuk penyakit endemik lainnya.  diketahui Kadis Sosial Prov. Sulut AG Kawatu SE MSi yang juga selaku Ketua PDDI Manado turut mendonorkan darah saat itu. Kabag humas Judisthira Siwu selaku jubir pemprov).
Gubernur Sulut berjabat tangan dengan Kadis Sosial AG Kawatu usai mendonorkan darah di mantos serta Gubernur menyerahkan cincin emas kepada salah satu pendonor darah sebanyak serartus kali an. saudara mantiri.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar