Kamis, 21 November 2013

Jusuf Kalla Sematkan Satya Lencana Bagi Pendonor Darah100 kali

Ketua Umum PMI Pusat  H. Moh. Jusuf Kalla menyematkan pengharggaan berupa Satya Lencana sedangkan Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang memberikan Cincin Emas  kepada lima belas pendonor darah asal sulut. Pemberian satya lencana dan cincin emas tersebut merupakan bentuk apresiasi positif  dari PMI kepada masyarakat yang secara sukarela mendonorkan darahnya kepada orang lain. pemberian pengharggaan ini dilakukan Kalla dan Sarundajang usai membuka Gerakan 1000 Donor darah Sukarela di provinsi Sulut, Kamis (21/11) kemarin di Mantos.
Mantan Wapres RI menyebutkan, mereka (para pendonor) seratus kali ini, berarti sudah 30 tahun mendonorkan darahnya, dan kalau dihitung darah mereka itu sudah dua jerigen telah disumbangan  kepada orang lain, sembari menyebutkan harusnya mereka ini diberikan pengharggaan langsung oleh Presiden RI, sembari menyebutkan, Mudah-mudahan Tanggal 17 Desember nanti kalian akan dipanggil ke Jakarta untuk menerima pengharggaan langsung dari Presiden SBY, ujarnya.
Bagian lain Kalla menyebutkan, didunia hanya 35 negara yang memiliki lembaga donor darah termasuk di Indonesia. Dia menyebutkan, makin makmurnya suatu negara makin tingginya tingkat kecelakaan dan orang masuk rumah sakit. Di Indonesia kebutuhan akan darah 2 persen dari jumlah penduduk yang ada, sementara untuk kebutuhan dunia mencapai 5 persen. Tahun depan dipastikan akan naik kebutuhan darah  sampai 30 persen di tanah air, katanya.  
 Saya juga berterima kasih kepada Gubernur Sinyo Sarundajang yang mendukung kapasitas darah di daerah ini, dengan ikut  mendorong PNS dilingkungan Pemprov Sulut untuk mendonorkan darahnya. Karena itu donor darah menurut saya bukan hanya membantu kebutuhan orang lain tapi juga menyehatkan kesehatan kita juga.
Kalla juga menambahkan, kebutuhan darah di sulut pertahun mencapai 50 ribu kantong  untuk rumah sakit, terutama yang ada di manado. karena manado merupakan ibu kota provinsi jadi semua orang berkumpul disini.    
Selain itu para pendonor 50  sampai 75 kali juga menerima piagam pengharggaan termasuk para pengiat serta instansi dan lembaga yang giat melakukan kegiatan donor darah. (kabag humas Judisthira Siwu selaku jubir pemprov).    
 Jusuf Kalla menyematkan kepada pengharggaan satya lencana kepada salah seorang pendonor darah 1000 kali an. Mantiri
 Penggiat dan instansi yang sering melakukan kegiatan donor darah mendapat piagam pengharggaan dari Ketua UMUM PMI Pusat.
Kadis Sosial Prov. Sulut AG Kawatu SE MSi berjabat tangan dengan Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla, usai mendonorkan darah.   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar