Senin, 28 April 2014

Suswono: Perlu Reinvestasi dan Pengembangan Teknologi Mutakhir






Demikian dikatakan Menteri Pertanian DR. Ir. Suswono, MMA ketika menjadi pemateri sebagai keynote speaker dalam Seminar Optimalisasi Pembangunan P


ertanian Sulawesi Utara Menuju Sulawesi Utara Sebagai Pintu Gerbang Indonesia di Asia Pasifik dan Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean 28/2014 di Hotel Aston Manado.
Lebih jauh Suswono dalam materinya menyatakan bahwa dalam menuju Masyarakat Ekonomi Asean, maka diperlukan antara lain Reinventasi dan pengembangan teknologi mutakhir dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di  bidang nuklir dan bioteknologi, perlu menyiapkan produk pertanian andalan yang mampu bertahan pada pasar domestik dan mampu bersaing dalam pasar regional dan global serta pemerintah harus berupaya melakukan distribusi sistim logistik, pengembangan infrastruktur, peningkatan efisiensi yang didukung regulasi dan fasilitas pendukung lainnya.
Sementara itu Gubernur Sulawesi Utara DR Sinyo Harry Sarundajang, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sektor pertanian sebagai leading sector di Sulawesi Utara perlu diberikan perhatian khusus terutama di bidang sumber daya manusia, karena negara yang berhasil mengembangkan SDM-nya akan menjadi negara yang besar, di samping itu perlu penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai kunci kemakmuran suatu negara.
Pada bagian lain sambuatnnya, Sarundajang menekankan pada perlunya sinergitas antara green economic dan blue economic mengingat sebagai negara kepulauan terbesar Indonesia belum secara maksimal menggali potensi ekonomi yang terdapat di laut.
Menurut DR. Ir. Terry Frans sebagai panitia, Seminar yang dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan Dies Natalis Fakultas Pertanian Unsrat ke 54 tersebut berkerjasama dengan Dinas Pertanian Peternakan Provinsi Sulawesi Utara dan membahas berbagai hal tentang penelitian-penelitian terkini yang dilakukan oleh para pakar pertanian di Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado dengan harapan dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan pertanian Sulawesi Utara. (DR. Jemmy Kumendong, Msi, Kabag Humas selaku juru Bicara Pemprov).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar