Kamis, 01 Oktober 2015

Sumarsono Irup Hari Kesaktian Pancasila di Wilayah Perbatasan

Untuk pertama kalinya seorang gubernur menjadi Inspektur Upacara iven nasional di daerah perbatasan, tepatnya di Melonguane, ibukota Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kamis (1/10), penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, DR Soni Sumarsono berkenan menjadi Inspektur Upacara untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

"Kehadiran saya menjadi Irup Hari Kesaktian Pancasila di Talaud, salah satu daerah perbatasan di bagian utara Indonesia, merupakan bentuk kepedulian pemerintah pusat menjadikan perbatasan negara sebagai beranda depan nusantara," ungkap Sumarsono yang juga merupakan Dirjen Otda Kemendagri.

Sumarsono mengingatkan segenap komponen pemerintah dan masyarakat di daerah perbatasan, untuk senantiasa memperhatikan dan mengimplementasikan program pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Saya mendapatkan pesan khusus dari Presiden Jokowi melalui Mendagri Tjahyo Kumolo. Yaitu, mari kita wujudkan program Revolusi Mental dan Nawacita untuk kejayaan Indonesia," kata Sumarsono.

Menurut Sumarsono, program Revolusi Mental dan Nawacita Jokowi, juga bentuk kepedulian pemerintah  menunjukkan bukti Kesaktian Pancasila.
Pemerintah Jokowi melalui beberapa kementerian terkait, bertekad meningkatkan pembangunan di wilayah perbatasan Indonesia, khususnya di Talaud dan Sangihe.

"Kita serius membangun kepulauan Sangihe dan Talaud. Khususnya pulau Miangas dan Marore akan menjadi Gerbang Nusantara di utara Indonesia. Ini salah satu misi saya," ungkap Sumarsono.

Usai upacara Hari Kesaktian Pancasila, Sumarsono melakukan pembinaan bagi aparatur sipil negara di jajaran Pemkab Talaud.

Upacara dan pembinaan yang sangat istimewa ini, turut dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud. Asisten I Sekprov Sulawesi Utara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Badan Perbatasan Sulawesi Utara dan jajaran pejabat Kabupaten Talaud.

Di tengah padatnya agenda, penjabat gubernur Sumarsono meluangkan waktunya meninjau dan bertatap muka dengan Komisioner KPU dan Pimpinan Panwaslu Kabupaten Talaud.

"Karya utama dari tri karya saya di Sulawesi Utara adalah mengawal penyelenggaraan pilkada serentak, makanya saya ingin tahu kesiapan teman-teman di KPU dan Panwaslu," katanya.

Ibu Tri Rahayu Sumarsono yang  ikut mendampingi sang suami berkunjung ke Talaud, sangat surprise. "Saya betul betul terharu. Sambutan warga Talaud bagi sangat luar biasa. Pertama kalinya ke daerah perbatasan saya sangat surprise," ujar Tri.(kabag humas Roy Saroinsong,SH selaku jubir pemprov sulut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar