Rabu, 19 Juni 2013

Sekprov: Pemprov Tidak Ingin Jalan Sendiri Untuk Capai WTP

Kebijakan penganggaran yang mencakup pendapatan dan belanja, ruang lingkupnya sangat luas. Secara umum ditujukan untuk memecahkan permasalahan penting dan mendesak, yang dapat menjadi sektor pengungkit dan mengarah pada sektor pendorong utama pembangunan termasuk penyelenggaraan. Hal ini disampaian Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Ir. Siswa R Mokodongan ketika membuka Sosialisasi Permendagri No. 27 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyusunan APBD 2014, di ruang Mapalus Kantor Gubernur, Rabu (19/6) kemarin.
Kegiatan yang digelar Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Provinsi Sulut itu selama sehari, diikuti seluruh SKPD dan TAPD Provinsi dan TAPD Pemerintah Kab/Ko se-Sulut. Seperti halnya dalam Penyusunan APBD Tahun Anggaran (TA) 2014, yang mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 27 Tahun 2013, dimana teknisnya akan disosialisasikan penggunaannya saat ini.           
Saya mengharapkan, agar kegiatan ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya oleh saudara-saudara sekalian. “Jadikan forum ini sebagai wadah obesrvasi untuk menggali pengetahuan baru, serta sebagai media sharing informasi dan pengalaman, demi mendapatkan rekomendasi tepat untuk diterapkan pada media kerja”, kata mantan Sekda Bolmong ini, sembari mengajak peserta untuk pelajari dan pahami dengan seksama setiap substansi yang terkandung dalam peraturan ini, agar  tidak ada kekeliruan dalam pelaksanaan, sehingga memberikan jaminan implementasi yang optimal dalam penyusunan APBD TA 2014, termasuk sinergitas kita dalam pencapaian predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah di tahun 2014, ujar mantan PenjabatWalikota Kotamobagu.
Disisi lain Mokodongan pula perlu mengingatkan, bahwa Pemprov tidak ingin berjalan sendiri dalam mencapai WTP, karena kita merupakan sau kesatuan. Sebab itu, diharapkan saudarara-saudara untuk semakin memantapkan tekad, komitmen dan konsisten dalam mengimplementasikan aturan ini sebagai kerangka acuan dalam penyusunan APBD TA 2014 ini, kunci putra terbaik bumi totabuan ini.
Sementara Kepala BPKBMD Praseno Hadi, MM Ak menyebutkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk pemantapan sinkronisasi  kebijakan pemerintah daerah dengan kebijakan pemerintah serta untuk prinsip, kebijakan dan tekni penyusunan APBD serta hal-hal khusus lainnya. Sedangkan narasumbernya yaitu Kasubdit Anggaran Daerah Wil II Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri Achyar Hanafi, SE MSi, tambah Praseno Hadi. (Kabag humas Jackson Ruaw selaku jubir pemprov).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar