Selasa, 20 Mei 2014

Harkitnas Memiliki Nilai-Nilai Kebangsaan


Jajaran Pemerintah Provinsi Sulut, Selasa (20/5) kemarin, di halaman Kantor Gubernur menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-106. Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang bertindak selaku Inspektur Upacara sekaligus membacakan sambutan tertulis  Menkominfo Tifatul Sembiring yang menyatakan, jika dihitung dari titik awal kebangkitan nasional Tahun 1908, maka pada Tahun 2014 ini, kita sudah lebih dari seratus tahun berproses dalam kesadaran kita untuk menjadi bangsa yang berdaulat, menjadi bangsa yang memiliki identitas dan jati diri di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Wajah dan corak ke-Indonesiaan kitapun telah banyak mengalami perubahan dan perkembangan seiring dengan perubahan jaman dan tuntutan masyarakat itu sendiri.
Karena Harkitnas memiliki  semangat dan nilai-nilai kebangsaan sebagai mana yang telah dirintis oleh para pendahulu kita, sehingga kita tidak boleh lengah tapi justru harus semakin waspada dan cerdas dalam menghadapi berbagai perubahan dan kemajuan yang sementara berproses secara terus menerus,  ujar Sembiring seperti di tuturkan Sarundajang. 
 Sementara itu ketika menjawab pertanyaan wartawan selesai upacara menyangkut makna Harkitnas bagi Sulawesi Utara, Sarundajang menegaskan bahwa generasi muda saat ini harus memberikan apresiasi kepada para pendahulu bangsa yang telah menanamkan jiwa nasionalisme kepada bangsa dan bahkan mendirikan sekolah-sekolah agar bangsa ini  menjadi bangsa yang mempunyai wawasan luas dan menghasilkan kader-kader yang mampu menggerakkan kebangkitan bangsa menuju kemerdekaan. Sebagai bangsa yang mejemuk kita harus mampu mengelola dengan baik agar kemajemukan tersebut mampu menjadikan bangsa Indonesia bersatu.
Hadir dalam upacara tersebut Wagub Dr. Djouhari Kansil MPd, Sekprov Ir. Siswa R Mokodongan, Forkopimda Sulut serta pada pejabat teras dilingkungan pemprov Sulut. (Kabag humas DR. Jemmy Kumendong MSi selaku jubir pemprov).









Tidak ada komentar:

Posting Komentar