Senin, 12 Mei 2014

Mokodongan Buka Event IGEF


Event Indonesia Geothernal Energi Forum (IGEF) yang dilaksanakan di daerah nyiur melambai merupakan kesempatan yang sangat baik bagi daerah kita karena di dalam wilayah sulawesi utara sangat banyak potensi geothernal yang merupakan gas bumi dan telah memberi dampak yang sangat baik bagi perkembangan daerah, seperti pembangkit listrik tenaga uap. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ir. Siswa Rahmat Mokodongan saat membuka IGEF yang dilaksanakan di ballroom sintesa peninsula hotel (12/5) manado.
Mokodongan mengatakan bahwa indonesia adalah negara yang mempunyai sumber energi panas bumi terbesar di dunia yaitu 40% dari total potensi dunia atau setara dengan dengan 29.000 mega watt electric dimana sulawesi utara salah satu provinsi yang berkontribusi cukup besar dengan cadangan 918 mega watt electric tapi pemanfaatannya masih relatif kecil padahal energi panas bumi mempunyai sifat ramah lingkungan dan terbarukan dan ini sangat potensial untuk dimanfaatkan secara langsung pada berbagai sektor lain seperti pertanian dan agroindustri.
Lebih lanjut Mokodongan mengatakan bahwa panas bumi yang ada di sulawesi utara terdapat di Tomohon, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bitung, Bolaang Mongondow dan Kota Kotamobagu sehingga event Indonesia Geothernal Energi Forum yang mengambil tema Peran pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan energi panas bumi sangat tepat dengan visi sulawesi utara yang berbudaya, berdaya saing, aman dan sejahtera sebagai pintu gerbang indonesia ke kawasan asia timur dan pasific.
Pada kesempatan itu Mokodongan mengharapkan kiranya event tentang panas bumi yang dilakukan ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang handal untuk pengembangan energi panas bumi dan pemerintah daerah provinsi sulawesi utara sangat mendukung pengembangan teknologi panas bumi dan mensuport penuh serta menyediakan informasi dan perda di bidang panas bumi dan melakukan pembinaan serta pengawasan untuk menciptakan iklim usahayang kondusif.
Hadir pada kesempatan itu hadir Forkompinda Sulut, derektur divisi energi, bidang  Sumber Daya Mineral dan pertambangan Bappenas,Ir. Montty Girianna. Direktur panas bumi, dirjen energi terbarukan kementrian ESDM Ir. Tisnadi. Ketua asosiasi panas bumi bapak Abadi Poenomo. Ketua panitia pelaksana Ir. Sanny Parengkuan, Msi, kepala SKPDprov. Sulut dan dikuti oleh Kepala Bappeda Kab/Kota, Instansi terkait dan mahasiswa unima.( Kabag Humas DR Jemmy Kumendong, Msi selaku Jubir Pemprov Sulut).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar