Selasa, 06 Mei 2014

Mokodongan : Pelestarian Mangrove Demi Anak Cucu Kita

Upaya melestarikan huta mangrove merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelestarian dan peningkatan kualitas lingkungan hidup, lebih khusus yang berada di pesisir pantai agar kita yang ada sebagai generasi sekarang ini maupun anak dan cucu sebagai generasi mendatang masih menikmatinya.   Hal itu disampaikan Karo Sumber Daya Alam (SDA) Ir. Erni  B Tumundo  MSi saat membacakan sambutan tertulis Sekprov Sulut Ir. Siswa R Mokodongan pada Acara Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Pengelolaan Ekosistem Mangrove Provinsi Sulut di ruang Rapat Ex WOC, Selasa (6/5) kemarin. Kegiatan yang di gelar Bro SDA  diikuti instansi terkait provinsi dan kab/ko serta LSM.
Karena itu saya selaku Ketua Pokja pengelolaan ekosistem Mangrove di Provinsi Sulut, menyambut dengan gembira sekaligus memberi apresiasi atas pelaksanaan acara ini, mengingat hutan mangrove merupakan salah satu komponen kehutanan yang harus diselamatkan dalam rangka menjaga keseimbangan ekosistemnya.
Menurut Mokodongan, pengelolaan mangrove memegang peranan yang sangat penting, karena sulut merupakan salah satu provinsi kepulauan yang ada di Indonesia, sehingga memiliki sumberdaya pesisir wilayah perbatasan antara darat dan laut. Wilayah pesisir ini juga, sebagai daerah transisi perbedaan yang sangat tajam antara dua atau lebih komunitas.  Karena itu, Sebagai daerah transisi, wilayah ini dihuni oleh organisme yang berasal dari kedua komunitas tersebut, yang dapat dilestarikan dengan mengembangkan tanaman pohon bakau atau tanaman mangrove, ujarnya, sembari menyebutkan, ekosistem mangrove mempunyai peran penting bagi wilayah pesisir dan laut dangkal serta mempunyai fungsi ekologis dan ekonomis, kata Mokodongan.
Sementara itu Kabag Pendayagunaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Christi Saruan SP MSi kesempatan itu telah melakukan sosialisasi pelaksanaan Iven Internasional World Corald Reef Conference (WCRC) yang akan digelar di Manado dari 14-17 Mei 2014  yang didahului dengan kegiatan side iven WCRC yakni women leadership forum, festifal jazz by the sea, lomba foto bawah air, pameran foto serta persemian gedung CTI Summit oleh Presiden SBY. Turut hadir Kabag Potensi Kelautan dan Perkebunan Ir. H Takaendengan serta para pejabat Eselon IV Biro SDA. (Kabag humas DR. Jemmy Kumendong MSi selaku jubir pemprov).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar